Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mendekorasi Ruangan dengan Gaya Maroko

Kompas.com - 16/05/2023, 10:42 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Eksotis, mewah, dan dengan keanggunan yang luar biasa. Begitulah kira-kira gaya desain Maroko bila digambarkan sesingkat mungkin.

Tren desain interior Maroko memanfaatkan warna-warna cerah dan detail rumit untuk menciptakan suasana misterius serta dramatis di dalam rumah. 

Baca juga: 10 Ide Menerapkan Gaya Japandi di Rumah, Bikin Tenang dan Nyaman

Gaya Maroko menjadi sangat populer belakangan ini karena dapat berhasil dilakukan dengan sentuhan modern untuk membuat dekorasi rumah terlihat unik serta menarik.

Gaya Maroko terkenal rumit saat menerapkkan ke dalam ruangan karena merupakan perpaduan dari banyak budaya.

Maka itu, Anda perlu menyeimbangkan berbagai elemen eksotis dengan tekstur dan lapisan rumit untuk menciptakan nuansa Maroko yang otentik.

Menggunakan gaya Eropa dengan campuran pengaruh Afrika dan Islam, desain Maroko memiliki beberapa karakteristik khusus yang harus diketahui jika Anda ingin  mengintegrasikannya ke dalam dekorasi rumah. 

Apakah tertarik dengan beberapa aksen eksotis atau ingin melakukan perubahan total, berikut cara mendekorasi ruangan dengan gaya Maroko dikutip dari Rhythm of the Home, Selasa (16/5/2023).  

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Bergaya Industrial yang Dapat Diterapkan di Rumah

Warna

Ilustrasi ruang keluarga bergaya Maroko.Shutterstock/JasminkaM Ilustrasi ruang keluarga bergaya Maroko.
Gaya Maroko tidak dikenal karena kehalusannya dalam hal warna. Jika ingin tampilan desain Maroko, fokus pada warna-warna yang kuat, seperti emas dan sentuhan perak. 

Selain itu, warna biru dan hijau yang mengesankan serta merah dan jingga yang memukau. Untuk menekankan kekuatannya sebanyak mungkin, disarankan menggunakan latar belakang dengan warna netral, seperti putih dan cream.

Warna dari desain Maroko biasanya harus mencerminkan nuansa cemerlang dari lautan atau padang pasir. Jangan membatasi diri Anda pada aksen warna yang halus melalui kain serta pembatas ruangan.

Dinding dan bingkai jendela juga bisa mendapatkan keuntungan dari banyaknya warna merah, biru, oranye, serta warna-warna berani lainnya yang mendominasi gaya Maroko. 

Baca juga: 10 Ide Desain Dapur Modern Bergaya Skandinavia, Nyaman dan Hangat

Kain

Selanjutnya, cara mendekorasi ruangan dengan gaya Maroko adalah melalui penggunaan kain. Dalam hal kain, gaya Maroko memanfaatkan warna kuat dikombinasikan dengan tekstur kaya untuk memberikan tampilan unik.

Sutra dan kain ringan adalah beberapa pilihan yang lebih disukai karena digunakan di banyak tempat, dari tirai hingga karpet.

Kain harus mengandalkan warna-warna eksotis, seperti hijau zamrud, ungu kecubung, emas, dan pirus.

Untuk suasana menyenangkan, pertimbangkan membuat plafon tenda menggunakan sutra halus yang memberikan kesan lapang karena tidak akan mengaburkan cahaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com