Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mendekorasi Rumah Bergaya Coastal, Hadirkan Suasana Pantai

Kompas.com - 05/07/2022, 16:24 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.comRumah bergaya coastal menjadi desain yang disukai beberapa orang yang ingin menghadirkan nuansa khas pesisir pantai.

Gaya coastal tidak hanya untuk rumah yang berada di dekat pantai, tapi juga bisa menerapkannya pada rumah-rumah yang berada di perkotaan. 

Baca juga: 5 Ide Desain Rumah Bergaya Modern Coastal, Serasa di Pantai

Coastal adalah gaya hunian yang identik dengan elemen khas pantai. Misalnya, kehadiran gazebo beratap jerami di halaman rumah, elemen dekoratif berbentuk kerang dan papan selancar, hingga palet warna yang sebagian besar menggunakan warna kuning pasir.

Dikutip dari The Spruce, Selasa (5/7/2022), ada beberapa tips menghadirkan nuansa pantai ke rumah melalui gaya coastal sebagai berikut.

Pilih warna yang mengingatkan akan pantai

Ilustrasi rumah bergaya coastal.SHUTTERSTOCK / jafara Ilustrasi rumah bergaya coastal.

Desainer interior, Nicole Martel, menjelaskan estetika coastal ditentukan oleh penggunaan beberapa kelompok warna tertentu.

Kamu bisa menggunakan warna netral atau menghadirkan sesuatu yang lebih menyenangkan seperti menggunakan warna cerah dengan semburat biru tua dan menghadirkan beragam rona dalam warna biru dan hijau.

“Warna-warna dalam gaya coastal diambil dari pasir, awan, dan laut,” tambah desainer Caroline Kopp. 

Baca juga: 4 Tips Menerapkan Desain Wabi Sabi di Rumah

Hadirkan motif bergaris

Jika memiliki motif macan tutul dan tenun ikat, sebaiknya menyingkirkannya dari rumah. Namun, ini bukan berarti harus menghilangkan semua motif dari hunian coastal. 

Hanya saja, ujar Martel, motif yang digunakan untuk menghadirkan nuansa khas pantai adalah motif bergaris.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Rumah Kecil dengan Gaya Desain Hygge

Gunakan material kayu

Ilustrasi rumah bergaya coastal.SHUTTERSTOCK / Tr1sha Ilustrasi rumah bergaya coastal.

Berencana merenovasi rumah untuk membuatnya bergaya coastal? Desainer Ally Maloney menyarankan menggunakan lantai kayu ek berwarna putih yang lebar.

Selain itu, bisa pula menggunakan lemari dan furnitur kayu ek putih jenis rift sawn atau quarter sawn. Gunakan material kayu jati yang bagus untuk rumah bergaya coastal. 

Baca juga: Mengenal Desain Wabi Sabi yang Melihat Keindahan dalam Kekurangan

Perhatikan pencahayaan dan tekstur

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan dan tekstur. Martel mengungkapkan, banyak orang mengabaikan pencahayaan. Padahal, ini adalah elemen sangat penting dalam gaya coastal. 

“Kami senang menggunakan rangka lampu manik-manik kayu atau lampu gantung jenis capiz dan sconce bernuansa pantai untuk memberikan suasana pantai yang sempurna pada ruangan,” tutur Martel.

Baca juga: Mengenal Desain Bergaya Japandi dan Cara Menerapkannya di Rumah 

Selain rangka lampu, tekstur juga bisa dihadirkan melalui finishing jenis driftwood pada furnitur atau aksesori kayu, kerai, atau karpet sisal.

Tekstur alami lainnya seperti katun dan batu kapur juga bisa membuat suasana hunian bergaya coastal menjadi lebih santai dan membuat suasana seperti sedang berlibur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com