Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Tenang, Ini 5 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara

Kompas.com - 16/05/2023, 08:44 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa kehidupan perkotaan bisa sangat bising dan mengganggu kenyaman beristirahat.

Bahkan, jika Anda tinggal di apartemen bertingkat bertinggi yang lebih terisolasi dari suara jalanan, masih ada masalah tetangga yang berisik, suara geteran, dan suara interior lainnya.  

Baca juga: Bebas Berisik, Ini 7 Cara Membuat Kamar Tidur Kedap Suara

Suara dapat masuk dengan mudah melalui dinding yang tipis atau jendela tidak tertutup rapat, misalnya.

Untungnya, mengatasi masalah kebisingan di dalam ruangan mudah dilakukan dengan memasang kedap suara.

Solusi ini dapat meredam suara bising yang masuk, yang akhirnya membantu Anda menikmati aktivitas dalam suasana tenang dan tidur lebih nyenyak. Metode kedap suara ini juga memiliki harga terjangkau dan mudah diterapkan. 

Nah, disadur dari Rhythm of the Home, Selasa (16/5/2023), berikut cara membuat ruangan kedap suara.  

Baca juga: Usir Kebisingan, Ini 4 Cara Membuat Rumah Kedap Suara

Penempatan furnitur

Ilustrasi ruang keluarga.Shutterstock/ka_idris Ilustrasi ruang keluarga.
Dengan mengatur tata letak furnitur secara tepat, dapat mengurangi jumlah kebisingan di dalam ruangan.

Jika merasakan getaran berisik yang berasal dari dinding tertentu, Anda bisa menempatkan perabot secara strategis untuk menghalanginya.

Sebagai contoh, gunakan sofa berlapis kain yang besar untuk meredam efek suara. Lemari bekerja baik di dekat pintu jika memiliki beberapa celah yang memungkinkan suara merambat bebas.

Kebisingan akan lebih efektif dihamburkan sehingga Anda dapat memanfaatkan tingkat keheningan yang superior tanpa harus melakukan perombakan besar-besaran pada ruangan.

Contohnya, rak buku sangat andal memblokir gelombang suara sehingga direkomendasikan ditempatkan di area dengan dinding tipis untuk membuat ruangan kedap suara. 

Baca juga: 7 Cara Menciptakan Ruang Kerja yang Kedap Suara

Tirai peredam suara 

Selanjutnya, cara membuat ruangan kedap suara adalah memasang tirai peredam suara. Beberapa gorden yang sangat tebal dapat melakukan lebih dari sekadar menghalangi sinar matahari, tapi membuat ruangan kedap suara.

Gorden ini bisa memberikan efek cukup signifikan dalam hal meredam suara bising yang datang dari luar. Ini bukan metode kedap suara yang profesional, tetapi tentu saja akan menutupi suara paling keras, seperti suara lalu lintas dan pejalan kaki.

Sebagai bonus, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari sentuhan dekoratif yang bagus di dalam ruangan jika memilih gorden tebal dan mewah.

Jika mencari gorden kedap suara pada ruangan, temukan gorden antitembus pandang yang diklaim dapat memberikan efek pengurangan suara selain menghalangi sinar matahari.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com