Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2022, 17:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak alasan mengapa dapur menjadi salah satu area terpenting di rumah

Selain memasak dan menyiapkan makanan, fungsi dan tampilan dapur secara signifikan mempengaruhi gaya hidup pemulik rumah serta digunakan sebagai tempat pertemuan atau makan bersama keluarga atau kerabat. 

Baca juga: 5 Cara Menerapkan Gaya Desain Interior Minimalis

Dengan demikian, dapur memegang peran penting di rumah. Karena itu, penting membuat dapur terlihat menarik serta fungsional.

Bila dapur sudah tidak menarik dan memerlukan pembaruan, pertimbangkan merenovasi dapur dengan menerapkan gaya minimalis.

Saat ini, banyak pemilik rumah yang memilih desain minimalis untuk dapur mereka karena  mendorong untuk menggunakan furnitur fungsional yang berbeda, bentuk geometris, dan objek dasar lainnya.

Selain itu, desain dapur minimalis juga menggunakan tidak lebih dari dua warna dasar sehingga membuat dapur tidak mencolok. 

Jika tertarik menerapkannya, berikut cara menciptakan dapur bergaya minimalis dikutip dari My Decorative, Sabtu (5/11/2022). 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Mendekorasi Dapur Minimalis

Singkirkan kekacauan 

Ilustrasi dapur minimalis, Ilustrasi dapur modern.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi dapur minimalis, Ilustrasi dapur modern.
Salah satu cara termudah menciptakan dapur minimalis adalah menyingkirkan kekacauan. Terlepas dari seberapa kecil atau tidak berbahayanya kekacauan, ini pada akhirnya dapat menumpuk serta merusak pemandangan di dapur.

Kekacauan juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri, yang akhirnya membuat dapur tidak bersih.

Untuk mencapai desain dapur minimalis, singkirkan kekacauan sesegera mungkin. Periksa setiap lemari dan laci dapur. Apakah menyimpan barang-barang yang tidak lagi digunakan.

Peralatan yang hanya digunakan sekali dalam sebulan harus dikeluarkan dari dapur untuk memberi ruang bagi barang-barang penting lainnya.

Untuk memastikan meja bersih, beberapa barang paling dasar yang harus disingkirkan dari dapur adalah blok pisau, mesin espresso, penanak nasi, dan mug tambahan.

Kunci dapur minimalis adalah menciptakan ruang kosong dan Anda hanya dapat mencapai tujuan ini dengan menyingkirkan kekacauan. 

Baca juga: 10 Ide Menciptakan Dapur Minimalis yang Bergaya

Simpan semua barang di tempat yang tepat 

Membuat dapur minimalis dan bersih tidak cukup hanya menyingkirkan kekacauan sekali. Anda harus terus menyimpan semua barang di tempat yang tepat untuk menghindari kekacauan menumpuk.

Caranya, mulai dengan memindahkan barang-barang yang tidak seharusnya berada di dapur seperti buku mewarnai anak dan berbagai kertas lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com