Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Putih, Ini 7 Warna Cat yang Cocok untuk Ruangan Minimalis

Kompas.com - 14/10/2022, 13:55 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Minimalis menjadi desain yang banyak digunakan orang untuk berbagai ruangan karena kerapian dan kesederhanannya.

Ruangan minimalis menampilkan warna-warna terang sehingga memberikan tampilan yang luas. Putih menjadi warna yang banyak digunakan untuk ruangan minimalis

Baca juga: 8 Tanaman Hias untuk Rumah Minimalis, Apa Saja?

Namun, sebetulnya, ada beragam pilihan warna yang cocok untuk ruangan minimalis selain putih, di antaranya abu-abu terang hingga gelap coklat tua, dan biru. 

Warna-warna ini bisa digunakan selama Anda menjaga elemen lain dalam ruangan tetap sederhana. Nah, dilansir dari Hunker, Jumat (14/10/2022), berikut pilihan warna cat yang cocok untuk ruangan minimalis. 

Biru keperakan atau hijau sage

Ilustrasi ruang keluarga minimalisShutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga minimalis
Warna cat untuk ruangan minimalis tidak harus terkesan kaku. Warna cat biru keperakan yang dikombinasikan dengan putih dapat menghasilkan nuansa menenangkan serta manis di dalam ruangan. 

Baca juga: 4 Kesalahan Saat Mendesain Ruangan Minimalis

Hitam atau coklat gelap 

Mary Patton, desainer interior dari Mary Patton Design, mengatakan dengan detail aksen minimal di ruangan, warna gelap dapat menghadirkan nuansa bersih dan segar ke ruang kecil sama dengan putih atau netral.

Anda bisa menampilkannya di kamar mandi sehingga dapat terasa minimalis sekaligus mewah. Patton merekomendasikan memilih warna coklat tua atau hitam karena pencahayaan rendah. 

Baca juga: 5 Tips Mendesain Taman Belakang Rumah Bergaya Minimalis 

Putih cerah

Rumah minimalis yang memiliki lantai dari material ubin. Karpet polos juga ditambahkan untuk memberikan tambahan tekstur dalam ruanganShutterstock Rumah minimalis yang memiliki lantai dari material ubin. Karpet polos juga ditambahkan untuk memberikan tambahan tekstur dalam ruangan
Gunakan putih di dalam ruang kerja yang memiliki cahaya alami dari luar ruangan. Warna putih cerah dan netral membantu menarik perhatian pada detail arsitektur yang memukau.

Selain itu, Anda dapat menambahkan aksen kayu dan warna dari benda sehari-hari sehingga dapat memberi kesan hangat pada ruangan minimalis.

Biru tua

Helen Powell, desainer interior dari Design Hunter, mendesain kamar tidur minimalis dengan menerapkan warna biru tua yang murung.

Sementara kamar tidur hitam pasti bisa bekerja, rona yang sedikit lebih lembut, namun tetap gelap seperti biru tua ini, terasa sedikit lebih nyaman, terutama bila ada sedikit hiasan. 

Baca juga: Ide Desain untuk Mewujudkan Eksterior Rumah Minimalis

Merah mawar

Dengan desain tepat, warna merah mawar bisa terasa seperti warna cat ruangan minimalis yang sesuai. Warna ini juga dapat diterapkan di dapur yang memiliki paparan sinar matahari dari plafon, yang dapat melembutkan ruang tanpa membuatnya terasa berat.  

Lavender

Ilustrasi kamar tidur minimalis. SHUTTERSTOCK/PROSTOCK-STUDIO Ilustrasi kamar tidur minimalis.
Lavender tidak dikaitkan dengan desain minimalis, tetapi ketika dikombinasikan dengan sedikit abu-abu, hal itu bisa berhasil.

Gunakan warna ini di kamar tidur untuk menciptakan tekstur dan hiasan visual meski sebagian besar dindingnya tidak berhias. 

Baca juga: Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Jauhkan Kesan Sempit pada Ruangan

Hijau gelap

Selain putih, Anda dapat menerapkan hijau gelap pada kamar tidur minimalis. Kamar tidur yang gelap dan dramatis ini membuktikan bahwa latar belakang hijau atau permata sama pentingnya dengan warna putih. Mereka menciptakan suasana sempurna. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com