Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Payung Taman agar Bersih dan Tidak Cepat Rusak

Kompas.com - 03/07/2023, 16:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Payung taman tidak hanya berguna sebagai dekorasi, tetapi juga penting sebagai naungan saat hujan maupun panas. Dengan perawatan yang tepat, payung taman dapat menambah gaya dan kenyamanan area tempat duduk luar ruangan selama bertahun-tahun.

Dikutip dari House Digest, Senin (3/7/2023), berada di luar ruangan dan terpapar cuaca dalam jangka waktu yang lama, payung taman dapat dengan mudah menumpuk kotoran dalam jumlah besar.

Oleh karena itu, pembersihan merupakan komponen penting dalam merawat payung taman dan memperpanjang umurnya. Meskipun banyak payung taman dirancang tahan cuaca dan jamur, namun Anda tetap perlu membersihkan payung taman secara teratur untuk mencegah kerusakan, jamur, dan perubahan warna.

Baca juga: Gampang, Ini Cara Membersihkan Payung Taman

ilustrasi kursi plastik putih yang ada di teras rumah, payung taman. Shutterstock ilustrasi kursi plastik putih yang ada di teras rumah, payung taman.

Berikut cara merawat payung taman agar bersih dan tidak cepat rusak.

Cara membersihkan payung taman

Pembersihan kain secara teratur pada payung taman dapat membantu mencegah kotoran menempel di kain, yang membuatnya jauh lebih sulit untuk digosok saat tiba waktunya untuk membersihkannya secara mendalam.

Dengan pembersihan perawatan rutin menggunakan selang dan lap, Anda hanya perlu membersihkan payung taman setiap dua hingga tiga tahun sekali.

Ketika tiba saatnya untuk membersihkan payung taman secara menyeluruh, penting untuk menyiapkan area tersebut terlebih dahulu dengan membersihkan kotoran, daun, atau kotoran lain yang lepas dari permukaan dengan sapu. Setelah itu, siram payung hingga basah.

Baca juga: 5 Pohon yang Cocok untuk Taman Kecil

Selanjutnya, buat campuran lembut dari dua cangkir air hangat, dua cangkir cuka, dan satu sendok makan sabun cuci piring, dan usapkan ke kain menggunakan sikat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com