Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Dekorasi Ruang Tamu Modern yang Menarik

Kompas.com - 08/11/2023, 14:27 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Elle Decor


JAKARTA, KOMPAS.com – Rumah modern kini banyak disukai karena dinilai lebih simple dan cantik. Rumah modern lebih mengutamakan fungsi, sehingga ruangan dibuat sesuai dengan kebutuhan.

Desain modern bisa diterapkan di berbagai ruangan, termasuk ruang tamu. Sarah Sargeant, pendiri Cochineal Design mengatakan bahwa ruang tamu modern akan memberikan tampilan yang steril dan sederhana.

Walaupun sederhana, ruang tamu modern tetap terlihat cantik dan menarik. Dilansir dari Elle Décor, Rabu (8/11/2023), berikut ini ide dekorasi ruang tamu modern yang bisa menjadi inspirasi.

Baca juga: 10 Tren Ruang Tamu Modern 2023, Furnitur Besar hingga Dinding Gelap

Menghadirkan siluet yang berani

Menghadirkan siluet dalam ruangan dapat menjadi daya tarik dalam rumah. Di area tempat duduk, kamu bisa meletakkan meja kopi.

Ilustrasi ruang tamu modern bernuansa mewah.SHUTTERSTOCK/WORLDWIDE Ilustrasi ruang tamu modern bernuansa mewah.

Selain itu, kamu bisa menggunakan karpet bermotif cantik di area lantai ruang tamu. Karpet membuat ruangan terasa lebih nyaman.

Hadirkan konsep industrial

Kesan modern juga bisa dihadirkan pada rumah berkonsep industrial. Ciri rumah dengan konsep industrial yaitu banyak menggunakan elemen logam dan beton.

Selain itu, pencahayaan dalam ruangan juga penting untuk dipertimbangkan. Biasanya, ruang tamu berkonsep industrial banyak menggunakan warna-warna terang dan bersahaja.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Ruang Tamu Berwarna Abu-Abu dan Pink

Desain abad pertengahan

Di rumah modern, terkadang kamu harus memilih antara ruang atau ruang tamu. Ketika ruang terbatas, maka buatlah ruang tamu modern di sudut yang tidak digunakan.

Cara ini juga berguna untuk memanfaatkan sudut ruang di rumah. Dengan demikian, setiap bagian rumah memiliki fungsi.

Gunakan warna yang berani

Ide dekorasi ruang tamu modern selanjutnya yaitu menggunakan warna-warna yang berani dan cetakan grafis.

Kamu menggunakan sofa biomorfik berwarna biru royal dengan kursi berlengan. Untuk menambahkan elemen grafis, letakkan juga karpet bermotif garis-garis dengan warna monokrom.

Letakkan furnitur dengan bentuk yang berbeda

Furnitur dengan bentuk yang berbeda membuat ruang tamu terlihat lebih menarik. Kamu bisa menggunakan sofa berbentuk persegi panjang dan meja kotak.

Baca juga: 6 Warna Cat Dinding Ruang Tamu yang Menenangkan, Ciptakan Kenyamanan

Selain itu, sofa melengkung juga bisa digunakan pada ruang tamu modern. Model sofa seperti ini bisa memberikan kesan nyaman dan hangat dalam ruangan.

Ilustrasi ruang tamu berplafon tinggiPIXABAY/THAM YUAN YUAN Ilustrasi ruang tamu berplafon tinggi

Ruang tamu yang tinggi

Langit-langit yang tinggi akan membuat ruang tamu terasa lebih luas dan terang. Pada langit-langit, bisa dipasang lampu gantung yang membuat ruang tamu lebih terang.

Selain itu, langit-langit juga bisa dicat atau dipasang wallpaper sesuai dengan konsep interior rumah.

Kamu juga bisa memasang tirai yang tinggi dari langit-langit sampai lantai yang memberikan dimensi pada ruangan.

Pasang cermin

Ide dekorasi ruang tamu modern lainnya yaitu dengan memasang cermin pada dinding ruang tamu. Jika ukuran cermin tidak terlalu besar, maka kamu bisa memasang beberapa cermin pada satu dinding.

Baca juga: 7 Warna Cat yang Membuat Ruang Tamu Lebih Terang

Cermin bisa dipasang pada bingkai yang terbuat dari anyaman. Cermin akan membuat ruang tamu terasa lebih terang, luas, dan cantik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com