Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Warna Cat untuk Ruang Tamu Kecil agar Terlihat Lebih Luas

Kompas.com - 25/11/2023, 14:46 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.comWarna cat akan memberikan kesan berbeda pada ruangan. Ruangan yang kecil akan terasa luas, apabila dicat dengan warna yang tepat.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (25/11/2023), ruang tamu berukuran kecil cocok dicat dengan warna gelap maupun warna gelap. Pemilihan warna tergantung pada konsep interior rumah dan selera pemiliknya.

Jika kamu memiliki ruang tamu kecil, berikut ini beberapa warna cat yang cocok digunakan untuk mendekorasi ruang tamu sempit.

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Ruang Tamu Kecil Terlihat Lebih Luas dan Nyaman

Abu-abu

Warna abu-abu cocok digunakan pada ruang tamu sempit. Warna ini membuat ruang tamu terasa lebih modern.

Selain itu, abu-abu dengan rona dasar biru juga cocok dipadukan dengan ornamen dekorasi yang terang dan furnitur ramping.

Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna biru navy. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna biru navy.

Biru navy

Banyak yang mengatakan bahwa ruangan kecil tidak boleh menggunakan warna gelap. Padahal, semakin kecil ruangannya, semakin gelap warnanya.

Sebab, warna yang lebih gelap akan memantulkan lebih sedikit cahaya. Warna ini akan memberikan ruangan lebih dalam dan hampir memiliki efek mendorong dinding keluar.

Baca juga: Menurut Ahli, Ini Makna Warna Biru dan Cara Penerapannya di Rumah

Warna gelap seperti navy cocok digunakan untuk mendekorasi ruang tamu sempit. Warna ini memberikan kesan berani dan nyaman.

Beige

Warna cat untuk ruang tamu kecil lainnya yaitu beige. Warna ini banyak disukai karena tergolong sebagai warna netral, sehingga cocok dipadukan dengan berbagai ornamen dekorasi lain.

Warna ini akan memberikan rasa nyaman pada ruangan tersebut. Kamu bisa menggunakan warna beige pada rumah berkonsep modern maupun tradisional.

Merah muda

Merah muda juga termasuk warna yang cocok digunakan pada ruang tamu kecil. Warna ini memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya, sehingga membuat ruangan terasa lebih luas.

Baca juga: 6 Ide Ruang Tamu dengan Nuansa Warna Merah Muda, Nyaman dan Cantik

Rona merah muda yang lembut akan membuat ruangan menjadi lebih nyaman. Kamu bisa memadukan warna merah muda dengan lukisan atau pigura foto yang ditempel di dinding ruang tamu.

Putih

Putih merupakan warna cat terbaik yang bisa digunakan untuk menghias ruang tamu kecil. Warna putih cerah bisa membuat dinding lebih terang.

Ilustrasi furnitur di rumah kecilSHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi furnitur di rumah kecil

Selain itu, warna ini juga memberikan kesan sederhana dan menarik, cocok untuk ruang tamu berkonsep minimalis.

Hitam

Selain warna cerah, warna gelap seperti hitam juga cocok digunakan pada ruang tamu sempit. Cat hitam akan memberikan kesan dramatis.

Baca juga: 7 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Warna Hitam

Untuk memberikan efek memanjang, pertimbangkan untuk mengecat dua dinding paralel dengan warna yang sama. Dengan demikian, ruangan akan terlihat lebih panjang dan lebar.

Merah

Warna cat untuk ruang tamu kecil lainnya yaitu merah. Warna merah tua yang cerah dengan sedikit rona kuning akan membuat ruangan terlihat lebih besar.

Kamu bisa memadukannya dengan nuansa hangat atau putih bersih yang memberikan ruangan terlihat lebih menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com