Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Ruang Tamu Kecil Terlihat Lebih Luas

Kompas.com - 13/09/2023, 12:20 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu yang kecil sering kali membuat kesulitan dan tantangan  setiap penghuni ketika mendekorasinya. 

Ruang tamu kecil membuat penghuninya merasa sesak dan tidak nyaman, terlebih jika menyimpan banyak barang di dalamnya. 

Baca juga: 5 Warna yang Sebaiknya Tidak Digunakan di Ruang Tamu Kecil

 

Selain ukuran, ruang tamu kecil dapat disebabkan desain ruangan yang tidak tepat serta salah menata barang-barang. Namun, Anda tidak perlu khawatir.

Dengan beberapa cara penataan yang tepat, ruang tamu kecil dapat diubah menjadi ruangan yang terlihat lebih luas sehingga membuat penghuninya merasa lebih nyaman.

Dikutip dari Living Etc, Rabu (13/9/2023), berikut sejumlah cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih luas

Baca juga: 10 Ide Gaya dan Penempatan Sofa di Ruang Tamu Kecil

Mencocokkan warna furnitur dengan dinding

Ilustrasi ruang tamu, ruang tamu kecil.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang tamu, ruang tamu kecil.
Mencocokkan warna furnitur dengan dinding dapat menciptakan kesan mulus serta menyatu sehingga ruangan terasa lebih luas dari aslinya. Anda bisa fokus pada salah satu furnitur terbesar di ruang tamu, seperti sofa.

Hayslett mengatakan memilih sofa berwarna lebih terang dapat membuat ruangan terasa lebih besar. Untuk warna dinding, gunakan warna putih pucat atau netral hangat untuk memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan terasa lebih terang.

Namun, Anda juga bisa menggunakan warna gelap, seperti biru tua atau abu-abu arang, guna mendapatkan suasana lebih dramatis dan tetap terlihat besar. 

Akan tetapi, perlu berhati-hati agar warna gelap tidak membuat ruang tamu kecil terasa sempit. 

Baca juga: 5 Cara Menata Sofa Sectional di Ruang Tamu Kecil

Gunakan warna hitam secara seimbang

Ilustrasi cermin di ruang tamu sempit untuk memberi kesan lapang. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi cermin di ruang tamu sempit untuk memberi kesan lapang.
Selanjutnya, cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih luas adalah menggunakan waran hitam secara seimbang. Hitam sering kali dianggap sebagai warna gelap dan sempit sehingga tidak cocok untuk ruang tamu kecil.

Namun, Linda Hayslett, desainer interior asal Amerika Serikat, mengatakan tidak harus menghindari warna hitam sepenuhnya.

Hayslett menyarankan menggunakan warna hitam secara seimbang dengan warna-warna cerah atau netral. Misalnya, bisa menggunakan sofa hitam dengan dinding putih atau cream. 

Anda juga bisa mencoba menambahkan hitam untuk aksen dekorasi di ruangan. Contohnya, menggunakan karpet hitam, meja kopi hitam, atau lukisan dominan hitam. 

Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Ruang Tamu Kecil 

Gunakan abu-abu muda

Terakhir, cara membuat ruang tamu kecil terlihat lebih luas adalah memakai warna abu-abu muda. Ini bisa menjadi warna netral yang dapat memberikan kesan terbuka dan lapang di ruang tamu kecil. 

Selain itu, abu-abu muda dapat menciptakan kesan modern di ruang tamu kecil. Anda bisa menggunakan abu-abu muda untuk warna furnitur, dinding, atau lantai di ruang tamu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com