Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Sofa yang Cocok untuk Ruang Tamu Kecil

Kompas.com - 18/07/2023, 22:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa adalah furnitur penting di ruang tamu. Namun demikian, jika Anda memiliki ruang tamu kecil atau ruang tamu sempit, Anda perlu memilih jenis sofa yang tepat agar tidak membuat ruangan semakin terasa sempit.

Dikutip dari Ideal Home, Selasa (18/7/2023), hal terpenting dalam memilih sofa untuk ruang tamu kecil adalah memilih sofa dengan ukuran yang tepat.

Sofa sering terlihat lebih kecil di ruang pamer, jadi sebelum menentukan gaya, ukur ruangan, termasuk pintu dan tangga yang mungkin perlu dilalui atau dinaiki oleh sofa, kata Gisela Lancaster dari Sofology.

Baca juga: 10 Ide Gaya dan Penempatan Sofa di Ruang Tamu Kecil

Ilustrasi sofa warna merah muda.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi sofa warna merah muda.

Kemudian, imbuh dia, buat sketsa denah lantai berskala dengan perabot lainnya, untuk melihat berapa ukuran sofa yang dapat dimasukkan dengan nyaman. Setelah Anda memiliki ukuran, Anda dapat mempersempit pilihan gaya sofa.

Tip yang bagus di ruangan kosong adalah meletakkan koran untuk membantu Anda memvisualisasikan tapak yang akan digunakan sofa, saran Lancaster.

Jika Anda tidak memiliki waktu atau ruang untuk menandai sofa di lantai, Elizabeth Sladen dari Made.com menunjukkan bahwa apakah sofa dapat dengan mudah masuk melalui pintu adalah indikator yang baik tentang tampilannya di ruang tersebut.

Saat memilih sofa untuk ruang yang lebih kecil, pertama-tama pikirkan tentang pintu masuk ke ruangan dan apakah akan muat melewati pintu. Sementara ini mungkin terdengar jelas, jika tidak pas melalui pintu kemungkinan besar akan memakan ruangan, jelas Sladen.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Krem, Ciptakan Nuansa Tenang

Berikut beberapa jenis sofa yang cocok untuk ruang tamu kecil.

1. Love seat atau sofa untuk dua orang

Sofa ini dibuat untuk menampung dua orang. Akan tetapi, sofa ini juga tujuan dapat digunakan untuk bersantai bagi satu orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com