Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mendekorasi Ruang Tamu Kecil agar Nyaman dan Bebas Berantakan

Kompas.com - 18/06/2023, 19:37 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu merupakan tempat untuk menerima tamu, berkumpul serta berbincang. Karena itu, penting untuk membuatnya terasa nyaman sehingga anggota keluarga maupun tamu merasa betah berada di dalamnya.

Menata ruang tamu kecil tak jarang menghadirkan tantangan tersendiri. Untungnya, terdapat sejumlah cara untuk membuatnya terasa nyaman dan terlihat menarik.

Baca juga: Jangan Asal soal Pencahayaan di Ruang Tamu Kecil, Ini Alasannya

Dilansir Homes & Gardens, Minggu (18/6/2023), berikut ini sejumlah tips mendekorasi ruang tamu kecil agar nyaman dan bebas berantakan. 

Ilustrasi meja kopi di ruang tamu kecil.UNSPLASH/MINH PHAM Ilustrasi meja kopi di ruang tamu kecil.

1. Memulai dengan meletakkan karpet untuk menyatukan ruang

Desainer Henriette von Stockhausen mengatakan, ia sering menjadikan sebuah permadani antik menjadi titik awal untuk sebuah interior lalu membuat skema di sekelilingnya.

James Thurstan Waterworth, pendiri studio desain interior Thurstan setuju bahwa permadani memainkan peran penting dan harus menjadi pilihan pertama Anda saat menata ruang tamu kecil.

Saat bekerja dengan ruangan yang tidak terlalu luas, kami merekomendasikan pilihan yang cermat untuk bagian-bagian penting, membentangkan permadani besar sebagai jangkar untuk skema dan kemudian membangunnya dari sana, memilih warna dari permadani dan memperindahnya hingga ke seluruh ruangan, katanya.

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Ruang Tamu Kecil ala Instagram

2. Pertimbangkan pengaturan tempat duduk

Saat menata furnitur ruang tamu, perlu diingat bahwa sofa dan kursi harus saling berhadapan jika memungkinkan untuk menciptakan tampat duduk yang komunikatif.

Desainer interior Nina Campbell mengatakan, Anda harus selalu mempertimbangkan tata letak ruang tamu kecil dari sudut pandang sosial dan praktis. Ia menyarankan untuk merencanakan tempat duduk dalam kelompok untuk memastikan percakapan mengalir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com