Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Mendekorasi Ruang Tamu Kecil agar Nyaman dan Bebas Berantakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu merupakan tempat untuk menerima tamu, berkumpul serta berbincang. Karena itu, penting untuk membuatnya terasa nyaman sehingga anggota keluarga maupun tamu merasa betah berada di dalamnya.

Menata ruang tamu kecil tak jarang menghadirkan tantangan tersendiri. Untungnya, terdapat sejumlah cara untuk membuatnya terasa nyaman dan terlihat menarik.

Dilansir Homes & Gardens, Minggu (18/6/2023), berikut ini sejumlah tips mendekorasi ruang tamu kecil agar nyaman dan bebas berantakan. 

1. Memulai dengan meletakkan karpet untuk menyatukan ruang

Desainer Henriette von Stockhausen mengatakan, ia sering menjadikan sebuah permadani antik menjadi titik awal untuk sebuah interior lalu membuat skema di sekelilingnya.

James Thurstan Waterworth, pendiri studio desain interior Thurstan setuju bahwa permadani memainkan peran penting dan harus menjadi pilihan pertama Anda saat menata ruang tamu kecil.

Saat bekerja dengan ruangan yang tidak terlalu luas, kami merekomendasikan pilihan yang cermat untuk bagian-bagian penting, membentangkan permadani besar sebagai jangkar untuk skema dan kemudian membangunnya dari sana, memilih warna dari permadani dan memperindahnya hingga ke seluruh ruangan, katanya.

2. Pertimbangkan pengaturan tempat duduk

Saat menata furnitur ruang tamu, perlu diingat bahwa sofa dan kursi harus saling berhadapan jika memungkinkan untuk menciptakan tampat duduk yang komunikatif.

Desainer interior Nina Campbell mengatakan, Anda harus selalu mempertimbangkan tata letak ruang tamu kecil dari sudut pandang sosial dan praktis. Ia menyarankan untuk merencanakan tempat duduk dalam kelompok untuk memastikan percakapan mengalir.

3. Menempatkan cermin

Cermin yang ditempatkan dengan baik merupakan trik ruang kecil yang akan mempercantik ruangan tanpat terlihat mencolok.

Dari segi fungsionalitas, cermin dapat digunakan untuk menyebarkan cahaya alami dan menciptakan ilusi ruang, ujar Anna Franklin, desainer interior dan pendiri Stone House Collective.

Untuk memaksimalkan cahaya, ia menyarankan menempatkan cermin di area di mana cahaya alami bersinar untuk memantulkan cahaya ke area yang lebih redup, membuat keseluruhan ruang terasa lebih terang sepanjang hari.

4. Gunakan bahan kain

Elemen yang terbuat dari kain di rumah Anda memainkan peran penting dalam tampilan dan nuansa ruang, jadi pilihlah warna, dan pola dengan bijak.

Desainer interior Eva Sonaike memilih untuk melibatkan seluruh anggota keluarga dalam pengambilan keputusan. Menurutnya, ruang tamu adalah ruang komunal dan harus mencerminkan semua orang yang tinggal di rumah.

Saya suka bermain dengan pola dan warna di sini. Sebagai contoh, saya mungkin menggunakan bantal-bantal bermotif di sofa bersama kursi dan pouf yang sesekali dilapisi dengan kain pilihan Anda, tutur Sonaike.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/18/193700476/4-tips-mendekorasi-ruang-tamu-kecil-agar-nyaman-dan-bebas-berantakan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke