Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 4 Perbedaan Ruang Keluarga dan Ruang Tamu

Kompas.com - 21/05/2024, 17:48 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari sekian banyak ruangan di dalam rumah, ruang keluarga dan ruang tamu menjadi dua ruangan yang cukup penting. 

Sebab, berbagai aktivitas bisa dilakukan di dua ruangan ini. Mulai dari berkumpul bersama keluarga, menjamu tamu, bermain, belajar, hingga bekerja. 

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Dibalik fungsinya yang beragam, ternyata masih banyak yang belum mengetahui perbedaan dua ruangan ini. Banyak pemilik rumah yang mengira ruang keluarga sama dengan ruang tamu. Padahal, ada beberapa perbedaan antara ruang keluarga dan ruang tamu. 

Dikutip dari Martha Stewart, Selasa (21/5/2024), berikut ini beberapa perbedaan ruang keluarga dan ruang tamu

Letak ruangan

ilustrasi dapur yang terhubung dengan ruang keluargaShutterstock/ImageFlow ilustrasi dapur yang terhubung dengan ruang keluarga

Sebenarnya, tidak ada aturan pasti terkait letak ruang keluarga dan ruang tamu. Namun, Glenna Stone, seorang desainer interior mengatakan ruang keluarga biasanya diletakkan bersebelahan atau terhubung dengan dapur. 

Baca juga: 6 Ide Ruang Keluarga yang Nyaman di Ruang Bawah Tanah

Sedangkan ruang tamu biasanya berada di dekat pintu masuk rumah. Ruang tamu biasanya terpisah dari dapur karena suasana ruangan ini terasa lebih tenang. Stone juga mengatakan bahwa ruang tamu menjadi area pertama yang dilihat tamu saat datang ke rumah. 

Fungsi ruangan

Perbedaan ruang keluarga dan ruang tamu juga bisa dilihat dari fungsinya. Stone menjelaskan bahwa ruang keluarga biasanya digunakan untuk bersantai. Maka dari itu, di ruangan ini biasanya diletakkan televisi. 

Sedangkan ruang tamu dianggap sebagai ruang yang lebih formal. Ruang tamu seringkali digunakan untuk menerima tamu yang datang ke rumah, sehingga ruangan ini harus terasa hangat dan menyenangkan. 

Baca juga: 5 Ide Ruang Tamu Bernuansa Alami, Estetik dan Nyaman

Cara menata tempat duduk

Di ruang keluarga maupun ruang tamu selalu ada tempat duduk. Namun, penataan tempat duduk di dua ruangan ini berbeda. 

Stone mengatakan titik fokus di ruang keluarga ada pada televisi. Maka dari itu, tempat duduk biasanya ditata menghadap ke televisi. 

Sedangkan, tempat duduk di ruang tamu biasanya diletakkan di dekat jendela. Sofa di ruang tamu diatur sedemikian rupa agar dapat memberikan kenyamanan saat berbincang bersama tamu. 

Dekorasi ruangan

ilustrasi ruang tamu bergaya Boho atau BohemianShutterstock/Followtheflow ilustrasi ruang tamu bergaya Boho atau Bohemian

Terakhir, perbedaan ruang keluarga dan ruang tamu terletak pada dekorasi ruangan. Sebenarnya, dekorasi dua ruangan ini harus dibuat serasi, namun di ruang tamu biasanya lebih banyak pernak-pernik tua atau vintage

Baca juga: 6 Ide Ruang Tamu Modern Abad Pertengahan, Cantik dan Nyaman

Beberapa barang dekorasi yang sering ditemukan di ruang tamu seperti piano legendaris, potret atau foto anak-anak semasa sekolah hingga meja antik. 

Sedangkan perabotan yang kasual dan furnitur empuk banyak ditempatkan di ruang keluarga. Barang-barang yang dapat ditempatkan di ruang keluarga seperti selimut sofa yang ramah anak dan hewan peliharaan, tempat penyimpanan, dan karpet. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com