Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2024, 13:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga menjadi salah satu ruangan terpenting di dalam rumah.

Sesuai dengan namanya, ruang keluarga adalah ruang yang nyaman untuk kehidupan sehari-hari, seperti berkumpul, bersantai, serta bercengkerama. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Warna Cat Terbaik Ruang Keluarga

Karena banyaknya penggunaan sehari-hari, ruang keluarga juga menjadi tempat kita pertama kali melihat pengaruh perubahan tren desain.

Desainer interior mengatakan kenyamanan menjadi hal yang dicari pemilik rumah untuk ruang keluarga pada tahun depan dengan lapisan tekstur, palet warna hangat dan mengundang, serta perpaduan furnitur yang eklektik.

Keinginan pemilik rumah akan kehangatan dan keaslian akan mempengaruhi pilihan tren desain ruang keluarga pada 2024.

Amber Lewis, desainer utama dan pendiri Amber Interiors, mengatakan saat ini, mencari lebih banyak kenyamanan dari rumah dan menginginkannya ruang yang mencerminkan kepribadian, cara hidup, serta keunikan. 

Jika sedang mempertimbangkan penyegaran ruang keluarga, ambillah inspirasi dari gaya populer terkini. 

Nah, disadur dari Better Homes and Gardens, Senin (22/1/2024), berikut beberapa tren desain ruang keluarga yang akan populer pada 2024.  

Baca juga: 6 Ide Menyembunyikan TV di Ruang Keluarga Saat Tidak Menyala

Karya vintage, pengrajin, dan pusaka

Ilustrasi ruang tamu dengan warna cat dinding hijau sage.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang tamu dengan warna cat dinding hijau sage.
Furnitur dan dekorasi yang terinspirasi atau dibuat pada masa lalu merupakan fitur ruang keluarga yang wajib dimiliki pada 2024.

Joe McGuier, salah satu pendiri dan kepala JAM, menjelaskan kegemaran furnitur, seni, dan dekorasi vintage bukan hal baru, tapi kami tidak melihatnya akan hilang begitu saja. 

"Orang-orang benar-benar meluangkan waktu mencari barang-barang bersejarah untuk rumah mereka, belum lagi keahlian luar biasa dan daya tarik abadi," ujarnya. 

Benda pusaka, barang antik, dan artisanal memiliki rasa keakraban yang memberikan kenyamanan dan makna di ruang keluarga. 

Menurut Betsy Burnham, pendiri dan desainer utama Burnham Design, desain yang baik adalah tentang keseimbangan dan membina hubungan antara masa lalu dan masa kini.

“Menghadirkan sesuatu yang sudah usang dengan referensi sejarah, bahkan sedikit patina, pada penyelesaiannya benar-benar mendasar dan memberikan keajaiban untuk mempersonalisasi ruang,” imbuhnya. 

Baca juga: 5 Kesalahan Mendekorasi Ruang Keluarga yang Harus Dihindari

Eklektisisme: merangkul keaslian

Selanjutnya, tren desain ruang keluarga yang akan populer pada 2024 adalah gaya eklektisisme. Ruang keluarga diperkirakan akan mengalami perubahan eklektik pada 2024.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com