Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Aturan Mendekorasi Ruang Keluarga yang Nyaman dan Fungsional

Kompas.com - 12/10/2023, 19:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi ruang keluarga bisa membuat membingungkan. Selain memilih elemen dekorasi, Anda juga perlu menentukan ukuran, warna, dan penataan barang di ruang keluarga.

Dalam hal dekorasi, aturan dasar ruang keluarga terkait tata letak dan desain dapat membantu menciptakan ruang yang terasa seimbang, fungsional, dan lengkap. 

Baca juga: 3 Warna Sofa yang Dapat Membuat Ruang Keluarga Terlihat Lebih Besar

Perhatikan ukuran dan jarak furnitur yang tepat, jumlah dekorasi dan aksesori yang tepat, bentuk dan ukuran karpet yang sesuai, serta penempatan pencahayaan yang tepat. Semua hal ini dapat mengubah tampilan dan nuansa ruang keluarga. 

Kunci mendekorasi ruang keluarga yang nyaman dan fungsional adalah menentukan apa yang paling sesuai dengan ruangan serta gaya hidup Anda. 

Disadur dari The Spruce, Kamis (12/10/2023), berikut sejumlah aturan mendekorasi ruang keluarga. 

Tata letak ruangan

Ilustrasi ruang keluarga di rumah bergaya abad pertengahan.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi ruang keluarga di rumah bergaya abad pertengahan.
Saat menentukan tata letak ruang keluarga, tambahkan titik fokus atau desain di sekitar titik fokus alami ruangan, seperti perapian, rak buku, atau jendela rongga.

Letakkan kursi di kedua sisi perapian atau atur furnitur agar menghadap jendela besar untuk memanfaatkan pemandangan, misalnya.

Untuk menciptakan keseimbangan di dalam ruangan, gabungkan perabot, pencahayaan, dan aksesori, seperti tanaman yang memiliki ketinggian berbeda.

Pertimbangkan mengapit sofa rendah dengan lampu lantai yang tinggi dan tanaman dengan ketinggian sedang. 

Baca juga: 5 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Lampu Ruang Keluarga

Membeli furnitur berkualitas 

Selanjutnya, aturan mendekorasi ruang keluarga adalah membeli furnitur berkualitas untuk membuatnya tahan lama.

Sebagai contoh, sofa dengan kualitas rata-rata akan bertahan setidaknya 10 tahun, sementara sofa kelas atas akan bertahan hingga 25 tahun.

Kualitas adalah satu masalah, tetapi ukuran, tata letak, dan jarak furnitur semuanya akan mempengaruhi keseimbangan ruang keluarga. 

Ukuran furnitur

Ilustrasi ruang keluarga kecil.Shutterstock/PHOTOCREO Michal Bednarek Ilustrasi ruang keluarga kecil.
Skala atau ukuran furnitur dapat membuat ruang keluarga terasa nyaman, sempit, atau kosong. Jika mengetahui ukuran kasar sebuah furnitur, Anda dapat merencanakan tata letaknya dengan lebih baik.

Saat mengisi ruang keluarga yang besar, gunakan furnitur lebih besar dan hindari menambahkan terlalu banyak furnitur lebih kecil karena bisa membuat ruang keluarga terlihat berantakan.

Ruang keluarga yang lebih kecil membutuhkan furnitur lebih kecil, tapi tetap minimal dan cari yang multifungsi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com