Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menata Dua Sofa di Ruang Keluarga agar Tampak Menarik

Kompas.com - 12/10/2023, 10:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan dua sofa di ruang keluarga adalah tampilan yang tak lekang oleh waktu dan cara praktis menampung lebih banyak orang.

Namun, menciptakan tata letak fungsional dengan dua perabot besar bisa menjadi tantangan tersendiri. 

Baca juga: 3 Warna Sofa yang Dapat Membuat Ruang Keluarga Terlihat Lebih Besar

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat menata dua sofa di ruang keluarga, seperti estetika, kepraktisan tata letak, titik fokus alami ruangan, dan bagaimana Anda menggunakan ruangan guna menentukan mana yang terbaik.

Apakah itu dua sofa yang identik atau kombinasi sofa dengan kursi, kursi malas, atau sofa sectional? Cara Anda menata dua sofa ini akan mempengaruhi suasana seluruh ruang.

Nah, dilansir dari The Spruce, Kamis (12/10/2023), berikut sejumlah cara menata dua sofa di ruang keluarga agar tampak menarik. 

Tempatkan sofa identik berseberangan satu sama lain

Ilustrasi ruang keluarga dengan dua sofa.Shutterstock/Gaurav Kumar Editor Ilustrasi ruang keluarga dengan dua sofa.
Untuk tampilan klasik dan elegan, gunakan dua sofa yang identik dan susun secara berhadapan.

Pisahkan kesamaan menggunakan bantal yang berbeda dan pasangkan sofa berbentuk persegi dengan furnitur dan aksesoris yang lebih organik, seperti meja kopi oval serta lampu gantung bundar yang besar. 

Aksen penataannya dengan dua kursi sesekali untuk tempat duduk tambahan. Hal ini akan membuat Anda memiliki tata letak simetris yang seimbang secara visual dan sempurna untuk bercakap-cakap. 

Baca juga: 5 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Lampu Ruang Keluarga

Ciptakan sebuah bentuk L

Jika bekerja dengan denah lantai terbuka dan ingin menciptakan dua ruang yang berbeda untuk ruang keluarga dan ruang makan, menata dua sofa dalam bentuk L adalah cara bagus untuk membangun pembatas visual.

Desiree Burns Interiors memasangkan sofa beludru hijau yang kaya dengan sofa abu-abu muda, lalu menambatkan ruang dengan menggunakan karpet besar yang menyatukan semuanya.

Saat menggunakan dua sofa berwarna berbeda, salah satu cara menyatukannya adalah  menggunakan bantal warna-warni. Jika salah satu sofa berwarna hijau, gunakan beberapa bantal hijau di sofa lainnya untuk kesinambungan. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Sofa, Dijamin Berhasil  

Padu padan

Ilustrasi sofa suede.Shutterstock/Santiago Cornejo Ilustrasi sofa suede.
Selanjutnya, cara menata dua sofa di ruang keluarga adalah memadupadankannya. Untuk kesan lebih eklektik, padu padankan sofa dengan ukuran dan bentuk berbeda serta dilapisi dengan dua warna dan bahan berbeda.

Cara menata dua sofa demikian bisa menciptakan titik fokus alami di ruang keluarga. Penataan ini terasa formal, tapi dengan dua sofa berbeda memberikan kesan lebih santai dan kasual.  

Baca juga: Ingin Memilih Warna Sofa? Pertimbangkan 4 Hal Ini

Kombinasikan sofa dan kursi empuk

Jika memiliki ruang keluarga yang tidak digunakan untuk bersantai dan menonton TV karena  memiliki ruang keluarga yang lebih kasual dan nyaman, pengaturan formal yang menggabungkan sofa tradisional serta kursi malas adalah pilihan elegan.

Penataan ruang keluarga yang dirancang JK Interior Living ini dengan jelas mendefinisikan ruang, mengikuti bentuk alami dan garis lurus, serta memisahkannya dari pintu masuk dan lorong yang mengarah ke bagian rumah lainnya. 

Baca juga: Sofa Kulit Vs Kain, Ini 3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli 

Menggandakan sofa 

Terakhir, cara menata dua sofa di ruang keluarga adalah menggandakan sofa. Tatalah dua sofa pendek dengan dua meja kopi bersusun.

Saat menggunakan sofa dengan garis-garis bersih dan menciptakan tata letak linier, seperti bentuk L ini, pecahkan semua garis lurus dengan meja kopi bundar, lampu gantung anyaman berbentuk tak beraturan, dan tanaman untuk estetika yang lebih santai dan alami 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com