Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Mendekorasi Ruang Keluarga yang Harus Dihindari

Kompas.com - 13/10/2023, 17:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Memahami kesalahan mendekorasi ruang keluarga yang harus dihindari dapat menjadi hal penting dalam menciptakan ruangan yang menakjubkan, mencerminkan kepribadian Anda, dan mempercantik rumah. 

Saat merencanakan ide ruang keluarga, perhatikan kesalahan utama yang harus dihindari.

Baca juga: 7 Aturan Mendekorasi Ruang Keluarga yang Nyaman dan Fungsional

Keely Smith, desainer interior dari Home Stratosphere, mengatakan pendekatan yang lebih baik adalah memadukan berbagai gaya, tekstur, dan warna berbeda untuk menghidupkan ruang keluarga. 

"Perpaduan antara barang antik dan modern dapat menciptakan tampila dinamis, tetapi kohesif yang jauh lebih menarik daripada semua set yang serasi," katanya. 

Ruang keluarga menjadi tempat bersantai dan bersosialisasi bersama keluarga, jadi penting menghindari kesalahan dekorasi yang dapat menghambat kesuksesan.

Nah, dilansir dari Ideal Home, Jumat (13/10/202), berikut sejumlah kesalahan mendekorasi ruang keluarga yang harus dihindari.  

Baca juga: 5 Cara Menata Dua Sofa di Ruang Keluarga agar Tampak Menarik

Memilih ukuran sofa yang salah

Ilustrasi sofa abu-abu.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa abu-abu.
Kesalahan utama yang sering terjadi pada ruang keluarga adalah memilih sofa yang salah. Kebanyakan orang berpikir sofa besar dan tebal adalah pilihan tepat karena akan menyediakan cukup tempat duduk untuk semua orang.

Namun, kata Emma Deterding, Direktur Kreatif Kelling Designs, sofa besar sering kali memiliki tapak besar dan akan menghabiskan banyak ruang. 

Sebagai gantinya, Emma merekomendasikan menggunakan beberapa sofa sebagai bagian dari ide sofa ruang keluarga, idealnya dengan lengan lebih ramping yang tidak akan menghabiskan ruang yang tidak perlu.

Misalnya, kombo tiga tempat duduk dan dua tempat duduk adalah sofa terbaik untuk ruang keluarga yang bisa dipilih.

"Ini tidak hanya membantu menciptakan tata letak dan aliran lebih baik, tapi juga menyediakan cukup kursi jika diperlukan dan membantu membuat ruangan terasa lebih luas," tambahnya. 

Baca juga: 3 Warna Sofa yang Dapat Membuat Ruang Keluarga Terlihat Lebih Besar

Tidak melapisi pencahayaan 

Selanjunya, kesalahan mendekorasi ruang keluarga yang harus dihindari adalah tidak melapisi pencahayaan.

Emma menyarankan cobalah menggunakan pencahayaan yang dapat Anda lapisi untuk memiliki sumber cahaya yang tepat dan cukup untuk berbagai tugas. 

"Kami lebih memilih lampu dan lampu downlight yang menyinari sesuatu yang spesifik, tirai misalnya, atau menyematkan lampu di bagian tengah sandaran," ucapnya. 

Menggunakan lampu gantung besar atau lampu gantung yang dramatis bisa jadi berlebihan untuk pencahayaan ruang keluarga, kecuali jika memiliki ketinggian plafon yang cukup untuk memastikan lampu tidak memenuhi ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com