Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Memilih Warna Cat Ruang Keluarga yang Harus Dihindari

Kompas.com - 28/09/2023, 17:27 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat yang tepat dapat mengubah ruangan atau rumah secara instan,  dari yang tadinya kusam dan membosankan menjadi harmonis serta penuh gaya. 

Namun, memilih warna cat yang tepat untuk setiap ruangan di rumah bisa menjadi hal sulit, termasuk ruang keluarga.  

Baca juga: 7 Ide Warna Cat untuk Dapur Kecil agar Terasa Lebih Luas

Mengingat, ruang keluarga adalah ruangan sangat penting bagi keluarga, sebaiknya memilih warna cat yang tepat sejak awal.

Marianne Shillingford, Direktur Kreatif di Dulux, mengatakan, meski selalu menjadi ruang favorit, tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini, ruang keluarga lebih menjadi tempat pajangan untuk membuat teman dan keluarga terkesan daripada tempat menjadi diri kita yang sebenarnya.

Ruang keluarga bertransformasi menjadi tempat kita mengekspresikan siapa diri sebenarnya dan bagaimana benar-benar ingin merasakannya. 

Tak jarang, hal ini sering kali membuat orang melakukan kesalahan dalam memilih warna cat untuk ruang keluarga. 

Nah, dikutip dari Ideal Home, Kamis (28/9/2023), berikut sejumlah kesalahan memilih warna cat ruang keluarga yang harus dihindari

Baca juga: 4 Warna Cat yang Dapat Menarik Nyamuk Masuk ke Rumah, Jangan Digunakan

Takut dengan warna gelap

Ilustrasi ruang keluarga dengan gaya gotik atau berwarna hitam.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang keluarga dengan gaya gotik atau berwarna hitam.
Kita semua pernah melihat ruang keluarga yang indah dengan warna dinding gelap yang terlihat nyaman dan mengundang.

Namun, memikirkan untuk menerapkan skema warna seperti itu sendiri bisa jadi menakutkan saat mempertimbangkan ide untuk warna cat ruang keluarga

"Beranilah dengan pilihan warna Anda dan beranikan diri menggunakan warna gelap di ruang keluarga. Hal ini akan menciptakan perasaan seperti kepompong yang membuat Anda tidak ingin beranjak dari sofa," saran Joanna Baumard, salah satu pendiri Purlfrost. 

Baca juga: 7 Pilihan Warna Cat Pagar Kayu yang Membuat Rumah Lebih Cantik

Tidak memilih warna berani dan membumi

Selanjutnya, kesalahan memilih warna cat ruang keluarga yang harus dihindari adalah tidak memilih warna berani dan membumi.

Kita bisa berpikir warna-warna tanah, seperti stone, taupe atau kelabu tua, russet atau coklat kemerahan, oatmeal, dan ochre adalah warna pucat.

Tentu saja, beberapa warna tanah memang demikian, tapi banyak juga yang memiliki pigmen yang menawarkan kedalaman yang membawanya dari warna netral dasar ke sesuatu yang lebih menarik.

Ambil contoh warna abu-abu untuk ruang keluarga. Au-abu menawarkan begitu banyak ruang lingkup, dari paling pucat, nyaris putih, hingga gelap dan hampir hitam yang dramatis.

"Jauh dari kesan sulit digunakan sebagai latar belakang untuk perabotan lembut dan karya seni, warna tanah yang dipilih dengan hati-hati sebenarnya dapat menyelaraskan elemen yang berbeda dalam sebuah skema, memperkenalkan kehangatan, karakter, dan rasa tenang," imbuh James Sirett, kepala produk di Fired Earth.  

Baca juga: Jangan Digunakan, 5 Warna Cat Ini Dapat Mengganggu Kualitas Tidur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com