Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Putih, Ini 7 Warna Cat yang Cocok untuk Ruang Keluarga

Kompas.com - 11/08/2023, 14:51 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mendesain ruang keluarga, penting memperhatikan palet warna yang digunakan. 

Sebab, warna cat yang tepat dapat sepenuhnya mengubah tampilan dan nuansa ruangan. Selain itu, mendorong seluruh skema desain serta mengatur suasana hati untuk tahun-tahun mendatang. 

Baca juga: 7 Cara Menyembunyikan TV di Ruang Keluarga

Ditambah, ruang keluarga menjadi ruangan yang paling sering digunakan di rumah, jadi memilih warna yang membuat Anda tidak sabar untuk menghabiskan waktu di dalamnya adalah suatu keharusan. 

Umumnya, ruang keluarga banyak menggunakan putih dan warna-warna netral untuk membuat ruangan lebih cerah, bersih, serta besar.  

Padahal, ada banyak warna cat yang dapat diterapkan di ruang keluarga selain putih. Warna-warna ini juga memberi ketenangan. 

Apakah menginginkan sesuatu yang berani dan cerah, netral, atau gelap dan murung, berikut sejumlah warna cat yang cocok untuk ruang keluarga dilansir dari House Beautiful, Jumat (11/8/2023).   

Abu-abu ungu

Ilustrasi ruang keluarga dengan cat dinding ungu.Shutterstock/New Africa Ilustrasi ruang keluarga dengan cat dinding ungu.
Di sebuah rumah bergaya Cape Cod untuk sepasang suami istri, desainer Lauren Nelson mengecat dinding ruang keluarga dengan warna Dove Tale dari Farrow & Ball, yakni warna abu-abu hangat dengan  ungu.

Pengaplikasian kedua warna ini membuat suasana ruang keluarha tetap netral, tetapi mengundang.  

Baca juga: Selain Pink, Ini 6 Warna Cat untuk Dekorasi Barbiecore

Pearl 

Cat putih lembut dengan sedikit warna abu-abu dapat dengan mudah membuat ruang keluarga menjadi tempat nyaman untuk menghabiskan waktu sepanjang hari.

Ambillah contoh dari desainer Sharon Rembaum, yang mendesain ruang leluarga dengan potongan-potongan bertekstur dalam palet warna netral untuk meningkatkan kenyamanan secara keseluruhan.

Kuning cerah

Selanjutnya, warna cat yang cocok untuk ruang keluarga adalah kuning cerah. Dinding kuning cerah bisa langsung mencerahkan ruang keluarga, tidak peduli apakah Anda memiliki jendela besar atau bukaan kecil untuk cahaya alami.

Di ruangan yang dirancang Taylor Anne Interiors ini, Citron dari Farrow & Ball,  ruang keluarga dengan dinding kuning cerah dapat menambah energi pada ruangan yang bernuansa tropis, tetapi tetap modern. 

Baca juga: 7 Cara Menyembunyikan TV di Ruang Keluarga

Biru forest 

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat biru aqua.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat biru aqua.
Ruang keluarga berwarna biru forest menawarkan kelembutan tepat di ruang makan formal. Anda dapat menggantung karya seni berbingkai emas dan karpet bertekstur untuk menambah kehangatan di dekat perapian. 

Cream 

Cream juga menjadi warna cat yang cocok untuk ruang keluarga. Thomas Callaway, desainer interor, mengatakan cream memancarkan kehangatan, terlepas dari ukurannya yang besar dan tinggi plafon.

Callaway membagi ruangan menjadi beberapa zona untuk meningkatkan keintiman. kemudian menggunakan glasir mentega yang lembut di dinding untuk memberikan cahaya keemasan pada ruangan serta lapisan kain yang kaya, tetapi lembut.  

Baca juga: 8 Ide Ruang Keluarga yang Nyaman dan Menyenangkan 

Greige

Greige adalah warna yang jauh lebih kompleks daria putih. Greige adalah warna cat yang lembut dan menjadi latar belakang yang pas untuk tampilan ruang kontemporer.

Karya seni yang cerah, meja kopi dengan sandaran rendah, dan lampu meja yang indah juga dapat mendapatkan sentuhan kontemporer di kamar tidur. 

Abu-abu muda

Terakhir, warna cat yang cocok untuk ruang keluarga adalah abu-abu muda. Cat abu-abu muda di ruang keluarga  sebagai pelapis netral untuk perabotan bermotif.

Warna ini lebih kompleks dan tidak terlalu mencolok dibanding putih klasik, tetapi tetap cukup halus untuk tidak mencuri perhatian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com