Kompas.com - 14/06/2021, 22:50 WIB
Ilustrasi ruang tamu Unsplash/Sidekix MediaIlustrasi ruang tamu

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap rumah memiliki kebutuhan berbeda dan interior yang dirancang berdasarkan keinginan serta prioritas pemilik rumah.

Dengan merujuk hal itu, ada beberapa area atau ruangan “abu-abu” di rumah. Misalnya, antara ruang tamu dan ruang keluarga

Baca juga: 5 Tips Dekor Ruang Tamu Sempit Jadi Aesthetic

Tak sedikit orang yang sulit membedakan keduanya ketika berbicara tentang rumah atau mendesain rumah. Bahkan, banyak pula yang menganggap keduanya sama.

Begitu pun, sebagian besar orang mendesain atau mendekorasi ruang tamu sama dengan ruang keluarga. Padahal, sebetulnya, kedua ruangan ini berbeda, baik berdasarkan fungsi maupun dekorasi.

Lantas, apa saja perbedaan keduanya? Melansir dari laman HGTV, Senin (14/6/2021), berikut ini perbedaan ruang tamu dan ruang keluarga

Baca juga: 5 Tips yang Perlu Diingat Saat Membeli Sofa untuk Ruang Keluarga

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fungsi

Salah satu perbedaan ruang tamu dan ruang keluarga yang paling utama adalah fungsinya. Apabila sebuah rumah memiliki ruang tamu dan ruang keluarga, perbedaannya terletak pada penggunaan ruang secara spesifik oleh pemiliknya.

Ruang tamu terlihat lebih sopan daripada ruang keluarga meski tidak selalu demikian. Hal itu mungkin disediakan untuk tamu atau tempat mengobrol sehingga terkadang tidak adanya TV di ruang tamu. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Ruang Tamu Sempit Tampak Lebih Luas dan Terang

Ruang keluarga adalah ruang yang lebih santai. Biasanya, digunakan sebagai tempat bersantai dan menikmati film. Terkadang ruang keluarga juga disebut sebagai "ruang media".

Hal ini lantaran ruang keluarga digunakan untuk menonton TV, bermain game, bahkan mungkin menyimpan komputer keluarga. 

Baca juga: 6 Cara Menata Ruang Keluarga Berdasarkan Feng Shui

Soal estetika

Memang tidak ada pernyataan menyeluruh yang dapat mendefinisikan estetika di ruang tamu dan ruang keluarga di setiap hunian. Namun, ada beberapa konsistensi yang perlu diperhatikan.

Halaman:


Sumber HGTV
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X