Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2024, 13:34 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah bebas hama merupakan impian banyak orang. Sebab, hama merupakan hewan pengganggu yang membuat suasana rumah menjadi kurang nyaman. 

Beberapa hama yang sering ditemukan di rumah, seperti semut, laba-laba, atau nyamuk. Selain membuat rumah kurang nyaman, hama juga bisa membuat rumah terlihat kotor. 

Baca juga: 3 Bahan Dapur untuk Membersihkan Sisir, Ada Cuka Apel

Oleh karena itu, jika menemukan hama di rumah, segeralah untuk mengusirnya. Cara mengusir hama di rumah bisa menggunakan bahan alami yang sering ditemukan di rumah. 

Dikutip dari Martha Stewart, Selasa (21/5/2025), berikut ini beberapa bahan dapur yang bisa mengusir hama di rumah

Kayu manis

Ilustrasi kayu manisiStockphoto/Milan Krasula Ilustrasi kayu manis

Kayu manis adalah rempah-rempah yang aromanya wangi menyengat. Aroma inilah yang membuat kayu manis bisa digunakan untuk mengusir hama. 

Cara menggunakanya bisa dengan menaburkan kayu manis di area yang sering dilalui hama. Nantinya, hama akan menghindari area tersebut dan membuat rumah bebas hama. 

Baca juga: Manfaat Kayu Manis untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Ampas kopi

Saat membuat kopi, biasanya ampasnya dibuang begitu saja. Padahal, ampas kopi memiliki banyak manfaat. 

Salah satu manfaat ampas kopi yaitu bisa mengusir hama. Ryan Knoll, pemilik Tidy Casa, mengatakan bahwa ampas kopi yang disebarkan di sekitar taman bisa mengusir semut dan siput. 

Ampas kopi bisa menghilangkan jejak semut, sehingga mempersulit indra penciuman semut yang membuat semut pergi dari area tersebut. 

Baca juga: Ketahui, Ini Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman Tomat

Cabai

Cabai juga termasuk bahan dapur yang bisa mengusir hama di rumah. Sebab, rasa cabai pedas. Rasa pedas pada cabai berasal dari senyawa utama bernama capsaicin.

Umumnya, serangga dan tungau menghindari cabai karena bau dan rasanya menyengat. Maka dari itu, salah satu cara mengusir hama di rumah bisa dengan menyemprotkan larutan cabai atau menaburkan bubuk cabai di area yang sering dilalui hama. 

Kulit jeruk

Kulit jeruk, lemon, dan jeruk nipis mengandung senyawa D-limonine yang membuat bahan ini bisa digunakan untuk mengusir hama. 

Rocky Voung, pendiri Calibre Cleaning Limited, mengatakan bahwa menggosokkan jeruk di rel jendela, furnitur, dan area lain bisa mengusir semut dari area tersebut. 

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini Kegunaan Kulit Jeruk untuk Membersihkan Rumah

Bawang putih

Ilustrasi bawang putih. SHUTTERSTOCK/BRANKO JOVANOVIC Ilustrasi bawang putih.

Bawang putih merupakan bahan aromatik yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu bisa mengusir hama. 

Bawang putih bisa mengusir beberapa hama seperti semut, nyamuk, dan serangga di taman. Sophie Officer, salah satu pemilik layanan pembersih ramah lingkungan Dustpan & Brush, mengatakan cara menggunakan bawang putih untuk mengusir hama cukup dengan menghaluskan beberapa siung bawang putih. 

Lalu, sebarkan di tempat yang sering menjadi tempat berkumpulnya hama. Aroma dari bawang membuat hama pergi dari area tersebut. 

Baca juga: 5 Cara Menanam Bawang Putih di Pot

Nah, itulah beberapa bahan dapur yang bisa mengusir hama. Selain efektif, bahan tersebut juga ramah lingkungan, sehingga tidak berbahaya bagi manusia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com