Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Langkah Membuat Kompos Pakai Sisa Bahan Dapur

Kompas.com - 19/04/2021, 07:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberi pupuk ke tanaman merupakan hal yang wajib dilakukan, untuk mendukung pertumbuhan tanaman semakin subur. Berbagai pupuk dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan tanaman, salah satunya pupuk kompos.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Senin (19/4/2021), kompos secara alami menyangga tanah alkali dan asam, melepaskan nutrisi lebih lambat daripada pupuk sintetis, menyediakan nutrisi makro dan mikro yang tidak tersedia secara sintetis dan, yang terbaik dari semuanya, tidak memerlukan biaya pembuatan.

Anda hanya membutuhkan empat hal untuk membuat kompos kaya nutrisi, yakni udara, air, karbon, dan nitrogen.

 

Baca juga: Benarkah Sampah Dapur Bisa Dijadikan Kompos?

Karbon, disediakan oleh limbah cokelat, memberikan energi mikroba yang membantu mereka memecah bahan organik; nitrogen, yang dihasilkan oleh limbah hijau, memasok mikroba dengan protein; udara dan air menjadi bahan bakar proses pengomposan.

Mungkin butuh waktu, tetapi jika Anda terbiasa mengumpulkan semua bahan sisa dari dapur ini, Anda akan segera memiliki cukup kompos untuk menyuburkan lanskap Anda secara organik.

Berikut langkah untuk membuat kompos dari limbah dapur. 

1. Atur tempat sampah kompos 

Atur tempat sampah kompos yang ukurannya setidaknya 34 kaki kubik jauhnya dari rumah Anda dan jauh dari hal-hal yang menarik hewan pengganggu, seperti pengumpan burung dan pohon buah-buahan.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk dan Kompos Tanaman dari Teh Celup Bekas

Kompos secara alami menarik perhatian hewan, tetapi tempat sampah prefabrikasi yang dirancang untuk kompos memiliki tutup yang pas dan jaring di atas ventilasi udara untuk membantu menghalangi mereka.

Jika menggunakan tempat sampah buatan sendiri, berikan perlindungan terhadap hama, seperti tutup yang pas dan pembungkus kawat berukuran seperempat inci. Lapisi bagian bawah tempat sampah kompos Anda dengan sedotan 1 inci.

2. Kumpulkan limbah

Siapkan wadah kompos di dapur Anda untuk mengumpulkan limbah hijau yang layak untuk tumpukan kompos Anda.

Sampah dapur hijau yang menjadi kompos dengan baik meliputi kulit telur, ampas kopi bekas, kantong teh, sisa sayuran, sisa buah, dan kulit kacang. Singkirkan semua barang yang tidak akan menjadi kompos, seperti kemasan makanan, tulang, atau limbah hewani lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com