Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2021, 15:17 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Bau rokok yang ada pada rumah sulit dihilangkan begitu saja. Padahal beberapa cara sudah mau lakukan mulai dari membuka semua jendela, mengipas hingga memberikan semprotan ruangan.

Ini karena, asap roko mengandung tar yang ada di dalamnya, yang bisa menyusup ke tertinggal di sudut dan celah di rumah. Baunya yang menyengat terserap ke dalam dinding, karpet, dan perabotan.

Untuk kamu yang ingin menghilangkan bau asap rokok dari rumah, berikut tipsnya yang dilansir dari kanal Love To Know, Minggu (18/4/2021).

Baca juga: Punya Indera Penciuman Kuat, 8 Bau Ini Paling Dibenci oleh Anjing

1. Buka jendela dan pintu

Buka jendela di hari yang sejuk dan berangin untuk membersihkan rumah dari udara pengap dan berasap dan biarkan udara bersih dan segar masuk ke dalam rumah. Lepaskan tirai dan seprai lainnya untuk dicuci, atau ganti dengan yang baru.

2. Tarik bau rokok keluar dari udara

Letakkan mangkuk kaca berisi cuka atau arang aktif di seluruh ruangan setelah jendela ditutup, pastikan mangkuk dipasang cukup tinggi agar anak-anak atau hewan peliharaan tidak membalikkannya.

Biarkan mangkuk tetap berada di dalam ruangan selama kurang lebih 24 jam.

3. Bersihkan karpet

Taburkan butiran pembersih karpet kering di atas karpet, tunggu sekitar 20 menit, lalu vakum butirannya. Di ruangan yang sangat bau, mungkin diperlukan lebih dari satu kali pembersihan.

Baca juga: Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau pada Kasur, Cuma 30 Menit

Jika kamu tidak pembersih karpet kering berbutir, taburkan soda kue dalam jumlah yang banyak pada karpet dan furnitur berlapis kain. Diamkan soda kue semalaman dan kemudian sedot.

Jika bau tetap ada atau warna karpet dan furnitur telah berubah karena asap, gunakan pembersih uap komersial dengan sabun berkualitas baik untuk membersihkan semua karpet dan furnitur berlapis kain di rumah.

4. Bersihkan area permukaan yang keras

Bersihkan lantai kayu keras, meja dapur, dan lap lemari dengan cuka putih murni dan kain lap yang tahan lama. Cuka akan memotong tar dan membersihkan permukaannya.

Kenakan sarung tangan karet dan masker wajah untuk membantu melindungi kulit dan sistem pernapasan saat menggunakan cuka murni.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com