Kompas.com - 18/04/2021, 12:20 WIB
Ilustrasi penyakit embun tepung atau powdery mildew pada tanaman. PIXABAY/WILLFRIED WENDEIlustrasi penyakit embun tepung atau powdery mildew pada tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah merawat tanaman dengan sebaik-baiknya, tetap saja seringkali masalah muncul. Termasuk di antaranya penyakit yang menyerang tanaman.

Salah satunya adalah embun tepung. Penyakit ini mengacu pada sekelompok jamur yang muncul sebagai lapisan putih tepung pada tanaman, terutama saat kelembaban tinggi.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (18/4/2021), embun tepung biasanya tidak membunuh tanaman, tetapi dapat melemahkan dan menyebabkan pertumbuhan, serta hasil yang buruk. Menjaga tanaman tetap sehat akan membantu meminimalkan kerusakan, tetapi terkadang Anda membutuhkan bantuan fungisida.

Baca juga: Tangani Penyakit Embun Tepung pada Tanaman dengan Pestisida Buatan Sendiri

Namun, bukan berarti Anda harus menggunakan bahan kimia. Untuk membasmi embun tepung, coba semprotan susu.

Kapan harus menggunakan semprotan susu untuk membasmi embun tepung?

Susu bekerja paling baik sebagai tindakan pencegahan daripada sebagai obat. Ini berarti Anda idealnya menerapkannya pada awal cuaca hangat dan lembab sebelum embun tepung muncul di tanaman Anda.

Melalui pengalaman, Anda mungkin sudah mengetahui waktu dalam setahun ketika penyakit itu kemungkinan besar akan muncul.

Semprot tanaman yang rentan segera setelah kondisi jamur utama muncul atau ketika dedaunan mulai menunjukkan tanda-tanda jamur. Jika kondisi lebih baik daripada sebelumnya dengan embun tepung, Anda bisa cukup yakin cara ini memiliki efek positif.

Baca juga: Simak, 9 Pertanyaan Umum Tentang Hama Tikus di Rumah

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • Botol semprot atau penyemprot tanaman
  • Susu
  • Air

Cara membuat semprotan susu untuk membasmi embun tepung

1. Isi botol semprot

Kebanyakan ahli menyarankan untuk menggunakan campuran dengan rasio 40:60 susu dan air. Tetapi Anda mungkin ingin bereksperimen dengan rasio yang berbeda untuk menilai keefektifannya.

Campur larutan susu dalam botol semprot pompa biasa. Untuk aplikasi besar, Anda bisa memasukkan larutan ke dalam penyemprot taman.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X