Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bahan Dapur untuk Membersihkan Sisir, Ada Cuka Apel

Kompas.com - 01/07/2022, 09:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Umumnya, sampo atau sabun cuci piring lebih sering digunakan sebagai produk pembersih sisir.

Akan tetapi, tidak semua orang cocok menggunakan salah satu dari dua bahan tersebut. Lebih lanjut, akan ada saja orang-orang yang kulitnya sensitif terhadap sampo atau sabun cuci piring.

Baca juga: Sisir Rambut Sudah Kotor? Bersihkan Pakai Cuka Putih

Namun, hal ini tidak perlu dijadikan penghalang untuk membersihkan sisir. Sebab, ada tiga bahan dapur yang dapat dijadikan sebagai produk pembersih alternatif, seperti disadur Love to Know, Jumat (1/7/2022).

1. Baking soda

Baking soda adalah salah satu bahan dapur yang cukup serbaguna. Mereka kerap dimanfaatkan untuk membantu membersihkan rumah, salah satunya menghilangkan bau tidak sedap dari tempat tidur.

Cuka sari apel mungkin juga bisa membantu sebagai salah satu minuman untuk mengecilkan perut.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Cuka sari apel mungkin juga bisa membantu sebagai salah satu minuman untuk mengecilkan perut.

Bahkan, mereka pun bisa dimanfaatkan untuk membersihkan sisir. Caranya adalah mencampurkan satu sendok teh baking soda ke dalam 236 mililiter (ml) air hangat.

Baca juga: Cara Membersihkan Sisir Rambut dengan Baking Soda

Kemudian, celupkan sikat gigi bekas ke dalam campuran yang sudah diaduk merata. Sikat sisir yang hendak dibersihkan hingga benar-benar bersih, dan bilas sisir dengan air bersih sebelum dibiarkan mengering sendiri.

2. Cuka apel

Apabila ingin membersihkan sisir tanpa menggosoknya, gunakan dua sendok makan cuka apel, satu sendok makan sabun cuci piring, dan 236 ml air hangat.

Aduk campuran hingga merata dan rendam sisir selama 20-30 menit. Lalu, bilas untuk membersihkan residu kotoran yang menempel dan biarkan sisir mengering dengan sendirinya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com