Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2023, 17:28 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat menata ruang tamu, sofa merupakan hal yang penting diperhatikan. Sofa yang nyaman dan ditempatkan dengan baik akan membuat tamu maupun anggota keluarga merasa betah untuk duduk serta berbincang.

Pada ruang tamu kecil, selain memilih sofa yang sesuai dengan dimensi ruangan, penting pula memperhatikan desain, model, dan warna sofa. 

Dilansir dari Home, Jumat (23/6/2023), berikut sejumlah tips meletakkan sofa di ruang tamu kecil.

Baca juga: Sofa Warna Gelap Vs Terang, Mana yang Cocok untuk Ruang Tamu Kecil?

Lebih strategis dalam menentukan posisi sofa

Ilustrasi ruang tamu sempit, ruang tamu kecil dengan nuansa warna putih.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu sempit, ruang tamu kecil dengan nuansa warna putih.
Ide pengaturan tempat duduk ruang tamu yang umum adalah menghindari mendorong furnitur ke dinding untuk mencegah ruangan terlihat lebih kecil.

Namun, di ruangn tamu kecil, trik ini sebaiknya dihindari saat menata furnitur karena dapat mengurangi jumlah ruang yang dapat digunakan di dalam ruangan.

"Anda ingin mencoba memaksimalkan ruang sebisa mungkin dan dapat melakukannya dengan menjaga furnitur tetap menempel pada dinding," kata Charlie Marshall, pendiri Loaf.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 6 Cara Meletakkan Sofa di Ruang Keluarga

Sofa multifungsi

Gisela Lancaster, Buying Manager di Sofology, mengatakan furnitur multifugnsi adalah kunci membuka potensi ruangan kecil.

Ia menambahkan,qq meminimalkan jumlah perabot yang dibutuhkan dan memaksimalkan kesempatan aqmenyimpan barang-barang yang tidak digunakan setiap hari akan membuat Anda memiliki lebih banyak ruang untuk dinikmati.

Sofa modular juga bisa menjadi pilihan bagus karena dapat dikonfigurasi agar sesuai dengan luas ruangan, tapi dapat dengan mudah dipindahkan saat Anda membutuhkan lebih banyak ruang.

Baca juga: Meja Ottoman Solusi untuk Ruang Tamu Kecil

Sofa berkaki

Dalam ruang kecil, mudah melupakan ruang vertikal yang tersedia. Sofa berkaki adalah cara terbaik memanfaatkannya.

"Memilih sofa dengan kaki akan mengelabui mata untuk melihat lebih banyak lantai, membuat ruangan tampak lebih besar," kata Elizabeth Sladen, Head of buying di Made.com.

Gisela setuju sofa berkaki merupakan suatu keharusan di ruang kecil. Ia merekomendasikan memilih kaki sofa yang elegan dan meruncing.

Baca juga: 6 Tips Memilih Sofa Baru agar Tidak Salah Beli

Hindari sofa dengan lengan tebal

Ilustrasi meja kopi di ruang tamu kecil.UNSPLASH/MINH PHAM Ilustrasi meja kopi di ruang tamu kecil.
Sofa bergaya Skandinavia sangat halus, bergaya, dan sesuai untuk ide sofa ruang tamu kecil. Estetika Eropa utara ini mewakili pendekatan ideal untuk ruang kecil.

Nuansa abu-abu dan putih membuat tampilan tetap segar, terbuka, dan tidak adanya lengan sofa yang tebal akan memberi Anda ruang yang berharga.

Membuat lebih nyaman dengan kain

Saat memilih sofa untuk ruang keluarga kecil, ingatlah bahwa kenyamanan merupakan hal utama. Elizabeth menyarankan  mempertimbangkan bagaimana sofa tersebut digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com