Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Barang yang Harus Disingkirkan dari Ruang Tamu Kecil

Kompas.com - 09/06/2023, 16:33 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu dapat menyimpan banyak barang dan mudah berantakan, terutama bila berukuran kecil. 

Selain menjaga barang-barang tetap rapi, penting pula memilih dengan baik barang yang diletakkan di ruang tamu

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Ruang Tamu Bergaya Japandi, Minimalis dan Menenangkan

Untuk menghemat ruang, ada barang-barang yang sebaiknya disingkirkan dari ruang tamu kecil. Hal ini akan membuat ruang tamu lebih menenangkan dan mengurangi kekacauan.

Dilansir dari Homes & Gardens, Jumat (9/6/2023), berikut sejumlah barang yang harus disingkirkan dari ruang tamu kecil.

Barang-barang yang tidak lagi digunakan

Ilustrasi meja kopi di ruang tamu kecil.UNSPLASH/MINH PHAM Ilustrasi meja kopi di ruang tamu kecil.
Davin Shaffer, desainer interior di Decorilla, mengatakan, langkah awal yang baik untuk memulai merapikan rumah adalah menyingkirkan apa pun yang tidak lagi berguna dan tidak lagi penting bagi Anda.

Setelah itu, Anda bisa fokus menyimpan apa yang dibutuhkan dan disukai. Ia menyarankan, daripada menyimpan barang-barang yang tidak lagi diperlukan, sumbangkan atau jual secara teratur utuk menghindari penumpukan barang. 

"Gunakan aturan satu masuk satu keluar, jadi untuk setiap barang baru yang Anda bawa ke rumah, pertimbangkan menyingkirkan barang lain guna menghindari penumpukan barang," katanya.

Baca juga: 8 Tips Desain Ruang Tamu Kecil Minimalis tapi Tampak Mewah

Furnitur yang tidak disukai

Perhatikan kembali isi ruangan dan pertimbangkan apakah terdapat furnitur, seperti sandaran kaki, kursi berlengan, meja samping yang bisa disingkirkan atau ditukar dengan pilihan multifungsi, seperti ottoman.

Professional organizer dari Living Simplified, Lauren Saltman, membagikan kiat pengorganisasian ruang yang bermanfaat untuk ruang tamu kecil. 

Ia mengatakan hal yang benar-benar Anda butuhkan di ruang tamu kecil adalah sofa, selimut dan beberapa bantal yang nyaman, meja samping, meja kopi, juga karpet untuk menyatukan semuanya dan mungkin satu dua lampu.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 7 Cara Memilih Furnitur untuk Rumah Kecil

Barang elektronik dan kabel

Aaron Traub, pro organizer dari Nola Organizers, menyarankan mengevaluasi barang elektronik Anda dan hanya menyimpan barang yang benar-benar meningkatkan pengalaman di ruang tamu kecil.

"Terapkan ide penyimpanan cerdas untuk menyembunyikan kabel berlebih, pengisi daya, dan perangkat yang jarang digunakan karena menyembunyikan benda-benda ini dapat mengurangi kekacauan visual secara signifikan," ujarnya.

Baca juga: 6 Cara Membuat Ruang Tamu Tampak Mewah dan Mahal Tanpa Biaya Besar

Barang-barang dekoratif

Ilustrasi meja kopi di ruang tamu kecil.UNSPLASH/SIDEKIX MEDIA Ilustrasi meja kopi di ruang tamu kecil.
Lauren menyarankan, setelah memindahkan furnitur berlebih, mulailah melihat kembali barang-barang dekoratif.

"Sekali lagi, simpan barang-barang yang diperlukan saja dan cari tempat lain untuk barang-barang yang tidak diperlukan," imbuhnya.

Anda dapat mengurangi pernak-pernik yang tidak perlu, memilih beberapa untuk dipajang di rak, dan menyimpan sisanya di tempat lain.

Kertas berantakan

Kertas-kertas yang berantakan terkadang sulit dihindari di ruang tamu kecil. Kertas-kertas dari sekolah, majalah, bahkan buku-buku yang belum dibaca dapat menumpuk tanpa kita sadari dan membuat ruangan terasa berantakan.

Salah satu solusinya adalah menggunakan pinboard yang tersembunyi di bagian dalam pintu lemari setelah menyingkirkan kertas-kertas yang tidak diperlukan atau menggunakan ring binder yang disimpan di rak.

Baca juga: 8 Warna Ruang Tamu yang Menenangkan dan Beri Nuansa Teduh

Peralatan kerja

Peralatan kerja, seperti laptop atau monitor, dapat membuat Anda tidak bisa bersantai. Periksa kembali alat tulis dan peralatan kerja lainnya, lalu pertimbangkan cara-cara menyimpan barang-barang penting Anda.

Meja dengan laci akan membantu Anda mengubah ruang tamu kecil menjadi area untuk bersantai di penghujung hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com