Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal soal Pencahayaan di Ruang Tamu Kecil, Ini Alasannya

Kompas.com - 13/04/2023, 15:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara membuat ruang tamu kecil tampak lebih besar. Dari penempatan furnitur hingga warna yang Anda gunakan, Anda dapat mengubah tampilan dan nuansa ruang yang ringkas.

Akan tetapi, satu aspek yang tampaknya diabaikan oleh banyak pemilik rumah adalah desain pencahayaan, dan itu menjadi kesalahan. Memiliki pencahayaan dan perlengkapan lampu yang tepat adalah elemen kunci untuk setiap ruangan, khususnya ruang tamu kecil.

Dikutip dari House Digest, Kamis (13/4/2023), pencahayaan di ruang tamu kecil tidak harus menempatkan lampu di meja samping sofa.

Baca juga: 5 Kesalahan Mendekorasi Ruang Tamu Kecil yang Harus Dihindari

Ilustrasi ruang tamu sempit, ruangan sempit.SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEK Ilustrasi ruang tamu sempit, ruangan sempit.

Anda harus mendekati pencahayaan secara strategis. Itu sering berarti mengevaluasi bagaimana Anda menggunakan ruang tamu dan mengidentifikasi aktivitas yang terjadi di sana.

Ruang tamu yang sedikit lebih formal, digunakan untuk percakapan atau membaca, akan didesain jauh berbeda dari ruang hiburan untuk seluruh keluarga.

Selanjutnya, pada ruang tamu kecil, Anda bekerja dengan ruang terbatas, yang berarti menemukan tempat yang tepat untuk pencahayaan menjadi jauh lebih penting.

Perlengkapan lampu dan lokasi yang tepat

Di luar pencahayaan dari perlengkapan lampu, cahaya alami dan caranya menyentuh ruangan juga penting.

Baca juga: Hindari, Ini 7 Kesalahan Menata Ruang Tamu Kecil

Lihatlah bagaimana sinar matahari masuk melalui jendela, apa yang disinari, dan bagaimana pengaruhnya terhadap warna dalam desain ruang tamu. Semua ini harus memengaruhi penempatan furnitur dan perlengkapan lampu.

Semakin banyak cahaya alami yang Anda miliki, semakin besar kesan ruangan, jadi merupakan kesalahan untuk memblokir sumber cahaya alami di ruang tamu kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com