Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2023, 08:44 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih furnitur bisa menjadi tugas sulit, khususnya untuk rumah kecil. Pasalnya, ukuran yang tidak sesuai atau besar bisa memakan banyak tempat, yang akhirnya membuat rumah kecil semakin sempit. 

Ditambah, keterbatasan ruang merupakan masalah yang sering dialami di rumah kecil. Akibatnya, membuat pemilik rumah kesulitan memilih dan mengatur furnitur.  

Baca juga: 7 Cara Menghemat Listrik di Rumah Kecil, Bikin Irit Pengeluaran

Karena itu, memilih furnitur untuk rumah kecil perlu diperhatikan. Jenis dan ukuran furnitur yang pilih benar-benar dapat mengubah tampilan rumah kecil secara keseluruhan. 

Pastikan jenis dan ukuran furnitur sesuai dengan rumah kecil srta menilai kebutuhan Anda sebelum membeli perabotan.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (15/3/2023), para dekorator dan desainer rumah membagikan cara memilih furnitur untuk rumah kecil agar tidak terlihat sempit. 

Baca juga: Cara Memilih Warna Cat untuk Rumah Kecil agar Tampak Besar dan Nyaman

Hindari furnitur bertekstur

Ilustrasi ruang tamu kecil atau ruang kecil. Shutterstock/voronaman Ilustrasi ruang tamu kecil atau ruang kecil.
Merencanakan tata letak yang optimal untuk sebuah ruangan tidak selalu tentang ukuran furnitur. Komposisi sebenarnya dari perabot, tidak peduli ukurannya, dapat mempengaruhi keseluruhan estetika ruangan.

Pakar desain rumah menyarankan menghindari furnitur yang memiliki tekstur jika ingin membuat rumah kecil terlihat lebih besar dari sebenarnya.

Simran Kaur, pendiri Room You Love, mengatakan tekstur pada furnitur atau kain dapat mengurangi pantulan cahaya yang optimal pada ruang kecil

"Banyak furnitur bertekstur, seperti perabot bergaya Victorian, dapat membuat ruangan terlihat lebih kecil dan penuh sesak," katanya. 

Namun, bukan berarti harus menghindari furnitur bertekstur atau perabotan desainer sama sekali. 

Memiliki hanya satu perabot yang mencuri perhatian di sebuah ruangan akan membuat fokus pada perabot tersebut tanpa gangguan dari furnitur lain yang dapat membuat rumah kecil tampak berantakan. 

Baca juga: 10 Keuntungan Tinggal di Rumah Kecil, Hemat Energi dan Minim Perawatan

Furnitur multifungsi 

Selanjutnya, cara memilih furnitur untuk rumah kecil adalah yang memiliki lebih dari satu kegunaan.

Jika memiliki sandaran dengan kursi khusus, pastikan itu juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Bahkan dinding di rumah kecil pun harus dirancang untuk melakukan lebih dari sekadar memajang foto keluarga.

Brigid Steiner dan Elizabeth Krueger, pemilik The Life with Be, menyarankan menggunakan sandaran kursi penyimpanan sebagai meja kopi atau memasang cermin dekoratif yang berfungsi sebagai karya seni dan tempat memeriksa penampilan Anda. 

"Pastikan barang yang dipilih memiliki setidaknya dua fungsi atau lebih," kata mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com