Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Warna Cat untuk Rumah Kecil agar Tampak Besar dan Nyaman

Kompas.com - 13/03/2023, 10:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat untuk untuk rumah terdengar sederhana, tetap ini bisa menjadi pilihan sulit, terlebih di rumah kecil seperti apartemen. 

Hal ini tak hanya keterbatasan lahan yang dimiliki, tapi minimnya cahaya alami di rumah kecil semakin membuat ruangan makin sempit

Baca juga: 10 Keuntungan Tinggal di Rumah Kecil, Hemat Energi dan Minim Perawatan

Karena itu, memilih warna cat untuk rumah kecil perlu berhati-hati. Sebelum pergi membeli cat untuk rumah kecil, luangkan waktu menentukan efek yang ingin Anda capai seperti ruangan tampak lebih besar dan lapang dari ukurannya sebenarnya serta lebih cerah. 

Nah, dikutip dari The Spruce, Senin (13/3/2023), berikut ini sejumlah cara memilih warna cat untuk rumah kecil agar tampak besar dan nyaman. 

Warna netral untuk rumah tamu 

Ilustrasi ruang tamu kecil, ruang tamu warna putih. Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang tamu kecil, ruang tamu warna putih.
Ruang tamu adalah area pertama yang dilihat tamu ketika masuk ke rumah Anda. Jika tidak mengesankan, tamu tidak ingin berlama-lama.

Warna cat dinding ruang tamu di rumah kecil kebanyakan putih karena bisa meningkatkan kecerahan dan membuat dinding terlihat lebih menarik.

Jika merasa putih terlalu mencolok dan dingin, cobalah warna taupe atau kelabu tua. Ini adalah warna menenangkan yang memperbesar ruang dan membuatnya terasa hangat serta ramah.

Warna taupe juga bisa menjadi latar belakang yang bagus karena mengambil warna cahaya alami sekaligus menjaga integritasnya. Anda juga bisa mencoba warna cream, gading, atau beige. 

Baca juga: Mau Beli Rumah Kecil? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Ciptakan tempat perlindungan dengan ide warna kamar tidur

Kamar tidur adalah tempat relaksasi dan harus menjadi tempat menenangkan. Memilih warna cat untuk rumah kecil, khususnya kamar tidur, sebaiknya memilih warna putih dan warna-warna santai lainnya untuk membuat ruangan tampak lebih besar.

Misalnya, biru mengingatkan kita pada laut dan langit yang memberi rasa rileks. Faktanya, penelitian menunjukkan orang tidur lebih lama di kamar tidur berwarna biru.

Jika tidak menyukai warna biru, cobalah warna abu-abu hijau yang merupakan warna netral yang bagus untuk kamr tidur kecil.

Selain itu, warna-warna tanah dan netral, seperti abu-abu, kuning, atau hijau, juga bagus untuk rumah kecil. 

Warna-warna ini membuat dinding secara visual surut ke latar belakang, menyoroti aksesori di sebuah ruangan. Warna putih juga cocok untuk kamar tidur kecil, tapi hindari penggunaan putih yang mencolok karena dapat membuat ruangan terlihat hambar.

Warna gading, cream, dan mentega adalah pilihan bagus lainnya untuk kamar tidur kecil. Cat plafon dengan warna putih karena ini adalah pilihan terbaik untuk kamar tidur kecil. 

Baca juga: Hindari, 7 Kesalahan Penyimpanan Barang di Rumah Kecil

Warna netral dan aksen untuk dapur kecil

Ilustrasi dapur kecilShutterstock/IJMphotos Ilustrasi dapur kecil
Apakah Anda ingin menambahkan lebih banyak kegembiraan di dapur? Mengecat dapur bisa sangat membantu. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com