Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Rumah Kecil Tampak Lebih Besar dan Nyaman

Kompas.com - 11/09/2022, 09:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com- Rumah dengan luasan terbatas atau kecil kini menjadi pilihan banyak orang di tengah terus meningkatnya harga rumah.

Namun, rumah kecil memiliki banyak tantangan dan kerap dianggap tidak nyaman. Padahal, sama dengan rumah besar, rumah kecil juga bisa memberi kenyamanan. 

Baca juga: 5 Rahasia Desain Rumah yang Bikin Bahagia Menurut Survei 

Kania Bunga, Interior Communication Manager Dekoruma, mengatakan ada beberapa cara membuat rumah kecil terlihat lebih besar dan nyaman. 

Pertama, memperhatikan layout atau penataan ruangan. Kania menyarankan menggunakan layout open space agar rumah terlihat luas dan lapang.

"Jika memang dibutuhkan dan ingin memberikan sekat, gunakan partisi di dalam ruangan tersebut," katanya dalam acara pembukaan Dekoruma Experience Center di Bali, bari-baru ini.  

Baca juga: 5 Cara Memilih Furnitur yang Tepat untuk Ruangan di Rumah

Ilustrasi rumah kecil, ruang kecil, dapur kecil, ilustrasi rumah berkonsep terbuka.SHUTTERSTOCK/Cinematographer Ilustrasi rumah kecil, ruang kecil, dapur kecil, ilustrasi rumah berkonsep terbuka.

Kedua, menghindari warna gelap karena bisa memberikan efek sempit pada ruangan. Kania merekomendasikan menggunakan warna putih atau abu-abu dan gunakan aksen di salah satu dinding seperti warna hijau atau biru muda agar terkesan lebih sejuk.

Selain itu, pemilihan furnitur juga harus diperhatikan. Untuk ruangan sempit, disarankan  menggunakan furnitur fungsional dan memiliki storage atau penyimpanan.

Kania mengatakan rumah kecil bisa menggunakan furnitur costum karena bisa disesuaikan dengan bentuk ruangan dan memanfaatkan ruang kecil semaksimal mungkin. 

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Kecil

Ketiga, kata Kania, memperhatikan pencahayaan karena dapat memberikan kesan lebih terang, yang akhirnya membuat ruangan lebih lapang.

"Maksimalkan pencahayaan alami semaksimal mungkin dengan membuka jendela. Ini juga dapat memberikan sirkulasi udara yang bagus," tutup Kania.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com