Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Barang Ini Wajib Dimiliki di Rumah Kecil, Apa Saja?

Kompas.com - 13/07/2022, 15:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Moving.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah kecil tengah menjadi tren yang populer di seluruh dunia, terutama di kota-kota besar, sejak beberapa tahun terakhir. 

Ada banyak hal yang membuat beberapa orang memilih tinggal di rumah kecil, dari terus meningkatnya harga rumah di pasaran, lebih ramah lingkungan, hingga menawarkan jalan yang terjangkau menuju kepemilikan rumah. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Rumah Kecil Tampak Lebih Besar dan Nyaman

Tinggal di rumah kecil juga memberikan sejumlah keuntungan seperti harga rumah lebih terjangkau, memudahkan pembersihan, serta biaya pemeliharaan yang sedikit. 

Namun, tren rumah kecil tidak datang tanpa tantangan. Keterbatasan ruang merupakan masalah yang sering dialami. Akibatnya, membuat pemilik rumah kesulitan menyimpan barang dan mengatur furnitur

Karena itu, pastikan mempertimbangkan benar ukuran dan berat semua barang. Pastikan juga menilai kebutuhan Anda sebelum membeli perabotan. 

Nah, dikutip dari Moving, Rabu (13/7/2022), berikut enam barang yang wajib dimiliki di rumah kecil

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Kecil  

Kloset kompos

Ilustrasi kloset, toilet kamar mandi.SHUTTERSTOCK.NEW AFRICA Ilustrasi kloset, toilet kamar mandi.
Ketika membangun rumah mungil, kloset menjadi keharusan mutlak. Sayangnya, banyak pemilik rumah kecil tidak berada di lokasi yang menawarkan layanan sambungan penuh ke sambungan limbah atau pembuangan yang mudah.

Hal itu berarti memasang kloset flush di rumah kecil tidak dapat dilakukan. Menurut The Tiny Project, solusi untuk masalah ini adalah memasang kloset kompos.

Kloset ini biasanya tanpa air, ramah lingkungan, dan mudah digunakan. Kloset kompos memiliki harga berkisar dari US$500 US$1.500 atau sekitar Rp7-Rp22 juta. 

Baca juga: 8 Tips Menghemat Listrik di Rumah Kecil 

Pasang kait

Seperti dijelaskan sebelumnya, keterbatasan ruang menjadi masalah yang sering dihadapi di rumah kecil, baik itu ruang lantai, ruang lemari, maupun ruang apa pun untuk menyimpan barang-barang. 

Sebagai solusi, Anda bisa memanfaatkan ruang pada dinding dengan memasang kait. Misalnya, gunakan kait untuk menggantung berbagai benda seperti pakaian, payung, peralatan dapur, panci dan wajan, dan sebagainya. 

Sebaiknya, menggunakan pengait yang kokoh dan meminta profesional memasangnya seperti di ruang tamu, loteng, dapur, kamar tidur, dan lemari pakaian

Baca juga: 4 Keuntungan Tinggal di Rumah Kecil yang Jarang Diketahui Orang

Kombo mesin cuci dan pengering

Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mesin pengering, ilustrasi ruang mencuci.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mesin pengering, ilustrasi ruang mencuci.
Selanjutnya, barang yang wajib dimiliki di rumah kecil adalah mesin cuci. Namun, pertimbangkan membeli mesin cuci beserta pengering langsung.

Peralatan kombo mesin cuci dan pengering ini adalah solusi 2-in-1 fantastis dan bisa menghemat ruang. 

Baca juga: Tak Perlu Pindah Rumah, Ini 8 Trik Membuat Rumah Kecil Terasa Besar

Rak penyimpanan vertikal

Untuk memiliki banyak ruang penyimpanan di rumah kecil, cobalah membuat rak penyimpanan secara vertikal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com