Kompas.com - 28/06/2022, 20:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah kecil secara bertahap menjadi pilihan populer di seluruh dunia. Tinggal di ruang kecil telah menjadi sangat menarik bagi banyak orang. 

Selain itu, rumah kecil memberikan sejumlah keuntungan seperti harga yang lebih terjangkau dan pembersihan lebih mudah. 

Baca juga: 8 Tips Menghemat Listrik di Rumah Kecil

Namun, tren rumah kecil tidak datang tanpa tantangan. Keterbatasan lahan merupakan masalah yang sering dialami. 

Dengan luas lantai yang terbatas, Anda perlu sedikit lebih kreatif dan banyak akal untuk membuat desain interior terlihat lebih luas, bergaya, serta nyaman saat bersamaan.

Berikut cara membuat rumah kecil terlihat lebih besar dan nyaman dilansir dari My Decorative, Selasa (28/6/2022).  

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Kecil

Prioritaskan kegunaan

Ilustrasi ruang tamu kecil, ruang tamu sempit.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi ruang tamu kecil, ruang tamu sempit.
Ketika tinggal di rumah mungil, Anda akan menyadari betapa sedikit ruang yang bisa digunakan. Ini juga bisa menjadi sedikit kacau dan pengap, terutama jika memiliki terlalu banyak barang di dalam rumah.

Akibatnya, rumah menjadi berantakan dan tidak teratur. Ini tidak hanya membuat stres untuk dilihat, tetapi juga sulit ditinggali.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus mengutamakan fungsi atau kegunaan dari setiap bagian ruang di rumah kecil. Memprioritaskan fungsi berarti Anda harus membiarkan furnitur “membawa ruangan”.

Meski memiliki barang-barang dekoratif boleh saja, Anda harus memastikan barang-barang penting seperti meja, sofa, atau bingkai tempat tidur ditempatkan terlebih dahulu. Setelah itu, mengerjakan aspek dekoratif ruang. 

Baca juga: 4 Keuntungan Tinggal di Rumah Kecil yang Jarang Diketahui Orang 

Pikirkan ruang penyimpanan

Ruang penyimpanan sering menjadi hal yang dikeluhkan mereka yang tinggal di rumah kecil. Sebagai salah satu aspek paling menantang dari penataan rumah kecil, penyimpanan adalah hal penting lain yang harus dipersiapkan dalam desain interior.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.