Kompas.com - 28/06/2022, 19:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat cuaca panas melanda atau selama hari-hari musim kemarau, penggunaan AC dan kipas angin akan lebih meningkat. 

Namun, bagi Anda yang memiliki tanaman hias di dalam ruangan, sebaiknya memperhatikan penggunaan peralatan elektronik tersebut. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Beracun untuk Hewan Peliharaan, Apa Saja?

Daniel Bruce, CEO Nature by Letterbox—toko tanaman hias—memperingatkan bahwa kipas angin atau AC bisa menjadi sedikit masalah bagi tanaman hias.

"Jika mengkhawatirkan tanaman hijau saat suhu panas, Anda mungkin berpikir memindahkan satu di depan kipas angin untuk mendinginkannya pada siang hari," kata Daniel dari Real Homes, Selasa (28/6/2022). 

Namun, ada banyak tanaman, terutama tanaman tropis, tidak bekerja dengan baik dengan udara kering dan dingin pada dedaunan mereka. 

Baca juga: 7 Tips Menghias Patio dengan Tanaman Hias, Apa Saja?

Jadi, kipas angin (atau lebih buruk, unit AC) akan menghalangi tanaman dari suhu ruangan dan kelembapan yang dibutuhkannya untuk berkembang.

Daniel mengatakan meletakkan tanaman hias dalam ruangan yang sama dengan kipas angin tidak menjadi masalah, asalkan posisinya tidak terlalu berdekatan.

Jika khawatir tentang tingkat kelembapan, semprotkan air pada daun tanaman menggunakan botol semprot. 

Baca juga: 3 Cara Mendekorasi Ruang Keluarga dengan Tanaman Hias

Pentingnya posisi kipas angin

Ilustrasi kipas angin gantung dengan lampu. PIXABAY/JAMESDEMERS Ilustrasi kipas angin gantung dengan lampu.
Sementara itu, pendiri Plant Pet Club, Anna, mengatakan kipas angin dapat membahayakan tanaman hias.

Anna setuju kipas angin tidak akan menjadi masalah selama tidak diposisikan dekat dengan tanaman atau meniup langsung ke tanaman hias.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Real Homes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.