Kompas.com - 09/06/2022, 11:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasukkan tanaman hias ke rumah semakin banyak dilakukan. Umumnya, orang-orang meletakkannya di ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur, dan dapur

Namun, selain ruangan tersebut, tanaman hias juga bisa diletakkan di kamar mandi. Meletakkan tanaman hias di kamar mandi telah menjadi sebuah tren yang populer dan menyenangkan. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Tahan Panas Matahari

Beberapa tanaman dalam ruangan membutuhkan kelembapan tinggi untuk tumbuh lebih baik seperti kamar mandi.

Meletakkan tanaman di kamar mandi membantu menyaring udara serta menambah kesegaran, bahkan tidak perlu memindahkan tanaman untuk menyiramnya.

Namun, tidak semua tanaman hias boleh diletakkan di kamar mandi. Pasalnya, ada sebagian tanaman yang tidak akan bisa tumbuh subur di kamar mandi. Misalnya, kaktus yang tahan kekeringan akan menjadi tanaman kamar mandi yang buruk. 

Tak hanya itu, pertimbangan lain adalah pencahayaan, ukuran tanaman, dan kebutuhan air. Pastikan kamar mandi memperoleh cahaya alami yang cukup, ukuran kamar mandi cukup menampung tanaman, serta tidak menyiram tanaman secara berlebihan. 

Siap mengubah kamar mandi menjadi "surga" hutan? Dikutip dari Bobvila, Kamis (9/6/2022), berikut tujuh tanaman hias yang tumbuh subur di kamar mandi. 

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

 

Anggrek moth (Phalaenopsis spp.)

Ilustrasi anggrek ngengat atau moth orchid (Phalaenopsis spp.)SHUTTERSTOCK/Chuchawan Ilustrasi anggrek ngengat atau moth orchid (Phalaenopsis spp.)
Anggrek moth atau ngengat termasuk tanaman epifit—tanamana yang menumpang pada tumbuhan—yang bagus untuk kamar mandi. Anggrek moth lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung serta tumbuh secara alami pada lekukan dan lubang pohon.

Tanaman cantik ini dapat tumbuh pada area lembap. Di kamar mandi, anggrek ngengat tumbuh baik dalam wadah kecil diisi dengan campuran anggrek yang terbuat dari kulit kayu kasar.

Baca juga: Mengenal 6 Pilihan Media Tanam untuk Tanaman Hias, Apa Saja?

Air plant (Tillandsia spp.)

Air plant atau tanaman udara adalah tanaman epifit yang membutuhkan cahaya terang, tidak langsung, kelembapan tinggi, serta tidak menggunakan tanah.

Halaman:
Sumber Bobvila


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.