Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Hias yang Beracun untuk Hewan Peliharaan, Apa Saja?

Kompas.com - 23/06/2022, 12:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias memang dapat mempercantik ruangan. Namun demikian, jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, Anda harus benar-benar memperhatikan jenis tanaman hias yang dimiliki.

Sebab, ada banyak tanaman yang beracun untuk kucing. Dilansir Taste of Home, Kamis (23/6/2022), dalam kasus kecil, tanaman beracun dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau iritasi kulit, tetapi dalam kasus yang serius, dapat menyebabkan kegagalan organ, kejang atau bahkan kematian.

Kucing menggigit tanaman untuk mendapatkan nutrisi dan serat tambahan. Akan tetapi, sayangnya, kucing tidak selalu tahu perbedaan antara tanaman yang buruk dan tanaman yang baik.

Baca juga: Manfaat Hidrogen Peroksida untuk Tanaman Hias dan Cara Menggunakannya

Ilustrasi kucing dan bunga mawar Ilustrasi kucing dan bunga mawar

Oleh karena itu, Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kucing peliharaan Anda tidak memiliki akses ke tanaman yang berpotensi berbahaya.

Berikut beberapa tanaman yang berbahaya bagi hewan peliharaan dan tanaman yang relatif aman jika Anda ingin tetap meletakkannya di dalam ruangan.

1. Lily

Tanaman dalam ruangan ini mungkin indah, tetapi sangat beracun, bahkan mengancam jiwa, bagi kucing, kata Shelly Zacharias, seorang dokter hewan dan wakil presiden medis di Gallant.

Tanaman bunga lily mengandung kristal oksalat, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal.

Baca juga: 7 Tips Menghias Patio dengan Tanaman Hias, Apa Saja?

Jika Anda menduga kucing telah memakan atau mengunyah bunga lily, maka segera bawa kucing ke dokter hewan atau klinik hewan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com