Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2022, 11:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasukkan tanaman hias ke rumah semakin banyak dilakukan. Umumnya, orang-orang meletakkannya di ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur, dan dapur

Namun, selain ruangan tersebut, tanaman hias juga bisa diletakkan di kamar mandi. Meletakkan tanaman hias di kamar mandi telah menjadi sebuah tren yang populer dan menyenangkan. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Tahan Panas Matahari

Beberapa tanaman dalam ruangan membutuhkan kelembapan tinggi untuk tumbuh lebih baik seperti kamar mandi.

Meletakkan tanaman di kamar mandi membantu menyaring udara serta menambah kesegaran, bahkan tidak perlu memindahkan tanaman untuk menyiramnya.

Namun, tidak semua tanaman hias boleh diletakkan di kamar mandi. Pasalnya, ada sebagian tanaman yang tidak akan bisa tumbuh subur di kamar mandi. Misalnya, kaktus yang tahan kekeringan akan menjadi tanaman kamar mandi yang buruk. 

Tak hanya itu, pertimbangan lain adalah pencahayaan, ukuran tanaman, dan kebutuhan air. Pastikan kamar mandi memperoleh cahaya alami yang cukup, ukuran kamar mandi cukup menampung tanaman, serta tidak menyiram tanaman secara berlebihan. 

Siap mengubah kamar mandi menjadi "surga" hutan? Dikutip dari Bobvila, Kamis (9/6/2022), berikut tujuh tanaman hias yang tumbuh subur di kamar mandi. 

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

 

Anggrek moth (Phalaenopsis spp.)

Ilustrasi anggrek ngengat atau moth orchid (Phalaenopsis spp.)SHUTTERSTOCK/Chuchawan Ilustrasi anggrek ngengat atau moth orchid (Phalaenopsis spp.)
Anggrek moth atau ngengat termasuk tanaman epifit—tanamana yang menumpang pada tumbuhan—yang bagus untuk kamar mandi. Anggrek moth lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung serta tumbuh secara alami pada lekukan dan lubang pohon.

Tanaman cantik ini dapat tumbuh pada area lembap. Di kamar mandi, anggrek ngengat tumbuh baik dalam wadah kecil diisi dengan campuran anggrek yang terbuat dari kulit kayu kasar.

Baca juga: Mengenal 6 Pilihan Media Tanam untuk Tanaman Hias, Apa Saja?

Air plant (Tillandsia spp.)

Air plant atau tanaman udara adalah tanaman epifit yang membutuhkan cahaya terang, tidak langsung, kelembapan tinggi, serta tidak menggunakan tanah.

Sebaliknya, air plant mendapatkan semua kebutuhan air dari curah hujan dan udara lembap. Tanaman hias sangat ringan dan Anda bisa berkreasi meletakkannya di area shower

 

Lucky bamboo (Dracaena sanderiana)

Ilustrasi tanaman hias lucky bamboo atau bambu hoki. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman hias lucky bamboo atau bambu hoki.
Lucky bamboo atau bambu keberuntungan mudah tumbuh di area shower. Tanaman bambu ini terkenal karena kemampuannya tumbuh hanya di air dan dalam cahaya rendah hingga terang.

Tempatkan satu atau lebih lucky bamboo dalam vas tinggi, tambahkan kerikil sebagai jangkar, dan isi wadah dengan air suling atau air saring. 

Baca juga: Ketahui, Ini 8 Penyebab Daun Bunga Anggrek Menguning

Spider plant (Chlorophytum comosum)

Spider plant atau tanaman laba-laba menjadi salah satu tanaman hias yang paling mudah tumbuh dalam keadaan apa pun dan merupakan pilihan tepat untuk kamar mandi. Tanaman laba-laba mampu mentoleransi cahaya rendah hingga terang.

Awalnya tampak seperti rumpun dedaunan “berumput”, tanaman laba-laba mulai mengeluarkan tunas saat dewasa,  tanaman bayi segera tumbuh dari pucuk. 

Baca juga: Hati-hati, Tanaman Ini Tak Boleh Disimpan di Rumah Menurut Ahli Vastu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com