Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidur Lebih Nyenyak dengan Meletakkan 6 Tanaman Hias Ini di Kamar

Kompas.com - 28/05/2022, 14:06 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tidur yang berkualitas tentunya dapat membuatmu segar dan lebih bersemangat untuk memulai aktivitas keesokan harinya.

Untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman banyak hal bisa kamu lakukan, seperti memilih kasur terbaik, pencahayaan yang redup dan juga dengan menambahkan beberapa aroma yang membuatmu lebih rileks.

Ada beberapa tanaman hias dengan aroma menenangkan yang cocok diletakkan di dalam kamar tidur. Aroma dari tanaman hias ini dipercaya dapat memulihkan kesehatan psikis dan mengobati masalah seperti kecemasan dan kelelahan.

Melansir dari Bed Pillows, Sabtu (28/5/2022), berikut ini merupakan jenis tanaman hias dengan aroma menenangkan yang cocok untuk diletakkan di kamar tidur.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Outdoor Pembawa Hoki Menurut Feng Shui

Melati

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Bryan Raudenbush West Virginia's Wheeling Jesuit University, menghirup aroma melati sebelum tidur dapat membuatmu tidur yang lebih nyenyak yang ditandai dengan berkurangnya gerakan tidur.

Jika kamu mencium aroma melati sebelum tidur, kamu akan terbangun dengan perasaan lebih segar dan energi yang lebih banyak.

Kamu bisa meletakkan tanaman melati di area tidurmu atau gunakan minyak esensial beraroma melati untuk meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: Manfaat Meletakkan Tanaman Hias Indoor di Luar Ruangan Saat Hujan

Lavender

Aroma lavender dinobatkan sebagai salah satu aroma terbaik untuk tidur dan relaksasi oleh National Sleep Foundation karena kemampuannya untuk menurunkan detak jantung dan tekanan darah, menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

Banyak penelitian yang sudah membuktikan jika menghirup aroma lavender sebelum tidur akan membuatmu lebih rileks dan mengurangi kecemasan.

Untuk menanam lavender di kamar tidur, letakkan di ambang jendela yang terkena sinar matahari langsung. Pastikan tanahnya kering dan tidak lembab.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Terbaik yang Cocok Dipelihara di Apartemen

Lidah buaya

Lidah buaya bisa menyaring udara di dalam rumah dan membuat kualitas udara menjadi berkali-kali lebih bagus.Unsplash/Alexandra Tran Lidah buaya bisa menyaring udara di dalam rumah dan membuat kualitas udara menjadi berkali-kali lebih bagus.

Tanaman untuk kamar tidur lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan adalah aloe vera atau lidah buaya. Tanaman ini efektif menghilangkan benzena dan formaldehida dari udara.

Selain kemampuannya memurnikan udara, lidah buaya memiliki beberapa manfaat dalam pengobatan dan biasanya digunakan untuk meredakan nyeri akibat luka bakar.

Agar tanaman lidah buaya tumbuh subur, letakkan di dekat cahaya dengan penyiraman yang tidak berlebihan.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Terbaik yang Cocok Dipelihara di Apartemen

Gardenia

Beberapa penelitian telah menunjukkan kemampuan gardenia untuk menenangkan dan meningkatkan kualitas tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com