Kompas.com - 08/06/2022, 15:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim panas atau kemarau menjadi waktu paling tepat untuk menghabiskan waktu di luar ruangan seperti taman, halaman belakang rumah, dan kolam renang

Menikmati duduk santai, bercocok tanam, dan bermain air di kolam renang sambil menonton matahari terbenam menjadi hal menyenangkan. Sayangnya, kemunculan nyamuk di area ini kerap merusak kesenangan serta kenyamanan tersebut. 

Baca juga: 6 Hal yang Dapat Membuat Nyamuk Muncul dan Berkembang Biak di Rumah

Menurut Climate Central—organisasi berita nirlaba yang menganalisis dan melaporkan ilmu iklim—jumlah nyamuk atau "hari bahaya penyakit" meningkat di sebagian besar negara karena suhu meningkat. Ini mewakili risiko lebih besar untuk penularan penyakit yang dibawa nyamuk.

Nyamuk membutuhkan genangan air untuk berkembang biak dan lebih menyukai kondisi lembap. Nyamuk jantan kebanyakan memakan nektar tumbuhan, sedangkan nyamuk betina dikenal jahat karena yang menggigit dan menyedot darah manusia guna membantu telurnya berkembang biak.

Ada banyak cara mengusir nyamuk di rumah, salah satunya menanam tanaman pengusir nyamuk. 

Dilansir dari Bobvila, Rabu (8/6/2022), berikut beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa ditanam di rumah.  

Baca juga: Catat, Ini 6 Tanaman Pengusir Nyamuk dan Serangga 

Catnip dan catmint 

Ilustrasi tanaman catmint, ilustrasi Eastern catmint. Shutterstock/Brookgardener Ilustrasi tanaman catmint, ilustrasi Eastern catmint.
Nepetalactone, bahan kimia dalam daun tanaman catnip dan catmint, menarik perhatian kucing, tetapi berefek sebaliknya pada nyamuk.

Sebuah penelitian menunjukkan nepetalactone adalah pengusir nyamuk yang lebih efektif daripada bahan kimia komersial DEET.

Ditambah, kedua tanaman memiliki bunga cantik berwarna putih dan lavender yang mekar dari musim semi hingga musim gugur sehingga bisa sekaligus mempercantik tampilan rumah. 

Tanaman ini akan kembali tumbuh tahun demi tahun, letakan catnip dan catmint di bawah sinar matahari penuh, serta biarkan tanah mengering sedikit di antara penyiraman. 

Baca juga: 12 Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik di Halaman Rumah, Apa Saja? 

Halaman:
Sumber Bobvila


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.