Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2022, 10:33 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang merasa sungkan untuk meninggalkan anjing peliharaan sendirian di rumah, selain karena takut terjadi sesuatu dengan kesehatannya, juga khawatir furnitur dapat rusak.

Sebab, beberapa anjing memiliki perilaku gemar merusak furnitur, entah itu mencakar sofa maupun menggigit kaki meja. Tentunya, tingkah laku ini dapat membuat waswas pemilik anjing.

Baca juga: Alasan dan Cara Menenangkan Anjing yang Takut dengan Petasan

Seorang pelatih anjing bersertifikat bernama Adrienne Farricelli menjelaskan, perilaku merusak furnitur bisa saja tidak terjadi hanya satu kali namun berulang kali.

Lebih lanjut, perilaku ini tidak hanya merusak furnitur, juga membahayakan sahabat bulu. Anjing peliharaan bisa tersedak jika menelan material yang digigit.

Ilustrasi anjing dan tanaman hias. Shutterstock/Jus_Ol Ilustrasi anjing dan tanaman hias.

Melalui Pet Helpful, Farricelli mengungkapkan, ada beberapa alasan mengapa anjing merusak furnitur. Simak selengkapnya, Kamis (9/6/2022).

Kecemasan akan perpisahan

Kecemasan akan perpisahan pada anjing sedikit menyerupai serangan panik. Ini terjadi saat anjing yang mengalaminya ditinggalkan sendirian.

Menurut University of Saskatchewan, gangguan ini terjadi di antara 20 dan 40 persen dari semua anjing yang dirawat oleh spesialis perilaku hewan di Amerika Utara.

Anjing yang mengalami gangguan ini cenderung menjadi semakin gugup saat pemiliknya bersiap-siap untuk pergi. Sering kali, mereka akan mondar-mandir, merengek, dan gemetar.

Baca juga: Cara Membuat Sudut Ruang yang Nyaman untuk Anjing Peliharaan

Saat pemiliknya pergi, kecemasan anjing meningkat menjadi mondar-mandir, merengek, mulutnya berliur, menggonggong, melolong, dan terkadang buang air kecil atau besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com