Kompas.com - 28/06/2022, 17:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat sedang bermain bersama anjing peliharaan, ada beberapa tingkah lucu dan aneh yang ditunjukkan sahabat bulu seperti langsung berbaring dan menunjukkan perutnya.

Ketika itu, kita pun akan mengelus perut anjing. Anjing pun menunjukkan ekspresi senang seperti tersenyum, lidah menjulur, dan ekor yang mengayun ke kanan dan ke kiri.

Baca juga: Ketahui, Jumlah Air yang Harus Dikonsumsi Anak Anjing

Hal ini membuat pemilik anjing berpikir bahwa sahabat bulu menyukai saat perutnya dielus. Namun, apakah hal ini benar?

Disitat dari The Spruce Pets, Selasa (28/6/2022), ada dua alasan utama anjing menunjukkan perutnya kepada pemiliknya, yakni sebagai perilaku submisif dan menginginkan perutnya dielus. 

Submisif 

Ilustrasi anjing - Mengelus perut anjing.SHUTTERSTOCK / Mary Swift Ilustrasi anjing - Mengelus perut anjing.

Anjing yang menunjukkan perilaku submisif mencoba meredakan ketegangan sosial dengan menunjukkan bahwa mereka bukan ancaman.

Mengelus anjing yang menunjukkan perilaku submisif dapat membuatnya lebih gugup karena kamu menyentuhnya pada bagian tubuh yang sangat rentan.

Baca juga: Alasan Anjing Melompat ke Manusia dan Cara Menghentikannya

Umumnya, bahasa tubuh anjing akan menunjukkan tubuh yang tegang dan mulut yang ditarik jauh ke belakang seperti sedang meringis ketakutan.

Namun, mulut anjing juga dapat tertutup dan terlihat banyak menjilat bibir atau mengeluarkan lidah secara cepat (tongue flicking). 

Kemudian, matanya akan terbuka lebar dan menatap ke kejauhan, menunjukkan bagian putih matanya saat melihat ke arahmu tanpa menoleh atau matanya akan menyipit dan terlihat tegang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.