Kompas.com - 28/06/2022, 15:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sodium hipoklorit atau lebih dikenal sebagai pemutih klorin atau pemutih sering digunakan untuk mendisinfeksi berbagai permukaan di rumah

Selain itu, pemutih juga digunakan untuk mencuci pakaian sekaligus menjaga kain putih tetap bersih dan cerah. 

Baca juga: Bahaya Mencampur Cuka dan Pemutih untuk Membersihkan Rumah

Pemutih telah digunakan selama beberapa dekade untuk mendisinfektan (menghancurkan mikroorganisme pembawa penyakit) dan sanitasi (mengurangi pertumbuhan mikroorganisme), baik mengendalikan maupun membunuh patogen seperti virus flu dan Covid-19. 

Namun, penggunaan pemutih memiliki beberapa risiko seperti mengiritasi kulit dan menghasilkan gas klorin yang berbahaya bila mencampurnya dengan cuka

Untuk mencegah hal tersebut, berikut cara aman menggunakan pemutih untuk mendisinfeksi rumah dilansir dari Bobvila, Selasa (28/6/2022). 

Baca juga: 6 Kegunaan Pemutih untuk Membersihkan Noda dan Menghilangkan Bau

Lindungi diri Anda 

Ilustrasi pemutih. SHUTTERSTOCK/IRINA ANNARUMMA Ilustrasi pemutih.
Pemutih bersifat korosif dan mengiritasi. Untuk itu, penting melindungi kulit, mata, dan paru-paru sebelum mendisinfeksi rumah dengan pemutih.

Kenakan sarung tangan karet dan buka satu atau dua jendela saat mendisinfeksi dengan pemutih menghindari menghirup asap. 

Ventilasi ruangan juga membantu melindungi mata dari asap, tetapi jika memiliki kacamata pengaman, sebaiknya mengenakannya untuk perlindungan tambahan. 

Baca juga: Cara Mendisinfeksi Kamar Mandi dengan Pemutih

Encerkan pemutih dengan benar

Saat menggunakan pemutih, encer pemutih terlebih dulu untuk hasil efektif. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, merekomendasikan mencampur secangkir pemutih dengan 3,5 liter air.

Tambahkan 3,5 liter air hangat ke dalam ember atau mangkuk besar terlebih dahulu, lalu ukur pemutih dengan hati-hati, dan tuangkan ke dalam air. Hindari menggunakan air panas, yang dapat menyebabkan pelepasan gas klorin tambahan ke udara. 

Baca juga: Cara Menggunakan Pemutih untuk Menjaga Handuk dan Seprai Tetap Putih 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bobvila
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.