Kompas.com - 28/06/2022, 18:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu material yang sering dipilih untuk sofa ruang tamu atau ruang keluarga adalah kulit.

Sofa kulit memiliki tampilan yang mewah dan warna lebih tahan lama dibanding sofa kain yang cenderung lebih cepat pudar seiring waktu.

Baca juga: Sofa Kulit Vs Sofa Kain, Mana yang Lebih Baik?

Ditambah lagi, sofa kulit tidak mudah kotor akibat debu serta materialnya membuat bulu hewan peliharaan sulit menempel. Namun, bukan berarti sofa kulit bisa bebas dari noda, termasuk noda pulpen.

Noda pulpen bisa dengan mudah menempel pada sofa kulit, entah karena ada tinta yang bocor atau anak mencoret-coret sofa.

Noda pulpen harus segera dibersihkan supaya tidak mengering dan menyerap ke kulit sehingga membuat proses pembersihan menjadi lebih sulit.

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kulit agar Terlihat Baru

Ketahui jenis sofa kulit terlebih dulu

Ilustrasi sofa kulitSHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi sofa kulit

Namun, disadur dari My Domaine, Selasa (28/6/2022), sebelum mulai membersihkan noda pulpen, ketahui dulu jenis kulit yang digunakan pada sofa.

Untuk melakukannya, tuangkan setetes air pada area yang tersembunyi. Apabila cairan langsung diserap, sofa kulit termasuk jenis unfinished. Namu, jika air yang tetap berada pada permukaan dan menggelinding, sofa kulit termasuk jenis finished. 

Baca juga: 5 Tips Membeli Sofa Baru yang Nyaman untuk Ruang Keluarga

Noda pulpen yang menempel pada sofa kulit unfinished harus dibersihkan dengan jasa profesional lantaran tintanya sudah terserap ke dalam kulit.

Sementara untuk sofa kulit finished, noda pulpen bisa dibersihkan menggunakan produk pembersih rumah tangga biasa.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber My Domaine
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.