Kompas.com - 28/06/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave adalah peralatan elektronik rumah tangga yang memiliki banyak kegunaan. Microwave dapat menjadi solusi cepat menghangatkan berbagai makanan.

Karena banyaknya kegunaan alat ini, maka Anda perlu memastikan microwave dalam keadaan baik dan dapat bertahan selama mungkin.

Meskipun demikian, ada beberapa kebiasaan yang mungkin kerap kita lakukan malah bisa membuat microwave cepat rusak. Dilansir Reader's Digest Canada, Selasa (28/6/2022), berikut kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat microwave rusak dan tidak tahan lama.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Akan Membeli Microwave Oven

Ilustrasi microwave; ilustrasi membersihkan microwave. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi microwave; ilustrasi membersihkan microwave.

1. Lupa membersihkan microwave

“Masa pakai microwave Anda adalah sekitar sembilan hingga sepuluh tahun, tetapi ini adalah saat Anda memelihara microwave tanpa menyebabkan kerusakan dini sebelum masa pakainya habis,” kata Mika Kujapelto, CEO dan pendiri LaptopUnboxed.

Salah satu tips paling sederhana adalah menjaganya tetap bersih.

"Mungkin Anda hanya membersihkan microwave jika ada kotoran yang cukup besar, tetapi Anda tidak boleh meninggalkan noda kecil setiap hari," terang John Bedford, pendiri Viva Flavor, situs yuntuk membantu koki amatir menjelajahi dunia makanan dan minuman.

“Makanan yang tersisa di bagian samping akan terus menyerap energi selama operasi di masa mendatang, dan akan membakar bagian dalam dalam jangka waktu yang lebih lama,” jelasnya.

Baca juga: 6 Kesalahan Saat Menggunakan Microwave yang Harus Dihindari

Pada dasarnya, jelas Bedford, microwave mengeluarkan upaya yang tidak perlu untuk memanaskan  makanan Anda yang tersisa, yang pada akhirnya akan memengaruhi komponen dan memperpendek umur alat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.