Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Membuat Rumah Kecil Menjadi Tempat Berkumpul yang Menghibur

Kompas.com - 29/01/2022, 08:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan rumah di perkotaan, baik itu rumah pribadi maupun hunian sewa, cenderung berukuran lebih kecil. 

Namun, keterbatasan ruang ini, tidak berarti Anda tidak bisa menjamu tamu atau membuat acara berkumpul di rumah. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Menghias Sudut Kosong di Dalam Rumah

Dengan beberapa ilusi optik yang cerdas dan sedikit perencanaan sebelumnya, Anda dapat membuat rumah kecil menjadi tempat sempurna untuk pertemuan akhir pekan. 

Melansir dari Real Estate, Sabtu (29/1/2022), berikut tips memaksimalkan rumah kecil menjadi tempat berkumpul yang menghibur dan menyenangkan. 

Baca juga: 6 Cara Klasik Membuat Ruang Kecil Tampak Besar dan Luas

 

Rangkul gaya informal

Ilustrasi interior rumah kecil.UNSPLASH/FRANCESCA TOSOLINI Ilustrasi interior rumah kecil.
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melupakan konsep makan formal dan pilih makan malam santai atau informal.

Cobalah makan malam gaya prasmanan Make Your Own Sushi, yakni para tamu dapat berkeliling sambil mencicipi makanan lezat dan mengobrol santai.

Bisa pula mencoba kari malam sehingga semua orang dapat menarik kursi dan makan malam mereka dari mangkuk di pangkuan mereka.

Tutupi sofa dengan pelapis berwarna-warni dan gunakan untuk tempat duduk tambahan. Ini adalah cara bagus menambahkan keunggulan kreatif untuk kumpul-kumpul biasa dengan teman-teman.  

Baca juga: Perhatikan, Ini 4 Tips Memilih Furnitur untuk Ruang Kecil 

Rencanakan pertemuan terlebih dulu 

Jika memiliki balkon, buka pintu dan perluas ruang tamu Anda. Gunakan cermin untuk menciptakan ilusi ruang, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Pastikan rumah bersih dan bebas dari kekacauan. Kemasi semua perabotan atau barang sehari-hari yang tidak akan diperlukan selama pertemuan seperti peralatan olahraga atau meja lipat.

Pindahkan furnitur untuk membuat lebih banyak ruang untuk berkumpul. Permukaan apa pun dapat digunakan sebagai meja tambahan seperti lemari arsip, unit TV, atau laci. Cukup gantungkan taplak meja di atasnya.

Ciptakan suasana seperti pesta dengan ruang terbuka dan sekelompok kecil kursi untuk percakapan. Pastikan menjaga rumah serapi mungkin karena apartemen kecil akan terlihat semakin sempit jika tidak rapi. 

Baca juga: 6 Cara Klasik Membuat Ruang Kecil Tampak Besar dan Luas

Menggunakan lantai

Ilustrasi rumah kecil, ruang kecil, dapur kecilSHUTTERSTOCK/Artazum Ilustrasi rumah kecil, ruang kecil, dapur kecil
Siapkan bean bag dan bantal lantai cadangan jika kehabisan kursi. Jika ingin menonton film pada malam hari, pastikan ada banyak bantal dan selimut untuk digunakan tamu.

Piknik di lantai juga merupakan ide bagus. Cukup letakkan beberapa selimut piknik tepat di atas karpet dan nikmati pesta di lantai ruang lounge yang luar biasa.

Apabila tidak memiliki karpet, letakkan beberapa matras yoga atau kantong tidur di bawah karpet piknik untuk membuatnya sedikit lebih nyaman.

Baca juga: Tak Selalu Putih, Ini 7 Warna Cat untuk Ruang Kecil agar Tampak Luas  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com