Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Klasik Membuat Ruang Kecil Tampak Besar dan Luas

Kompas.com - 15/11/2021, 17:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruangan kecil memang kurang menyenangkan dan leluasa. Ruang kecil adalah permasalahan umum yang dialami beberapa rumah, terutama di rumah-rumah tua.

Namun, menggunakan beberapa trik sederhana dapat membantu membuat ruang kecil tampak besar serta membuat Anda merasa leluasa di dalamnya.

Lebih dari dimensi ruang, hal yang benar-benar penting adalah bagaimana memanfaatkan setiap ruang yang tersedia.

Melansir dari Bobvila, Senin (15/11/2021), berikut cara klasik membuat ruang kecil tampak besar dan luas. 

Baca juga: Tak Selalu Putih, Ini 7 Warna Cat untuk Ruang Kecil agar Tampak Luas

Letakkan cermin 

Cermin tidak hanya digunakan untuk memerikan penampilan. Menggantung sebuah cermin dapat membuat ruang kecil terasa jauh lebih besar.

Untuk efek maksimal, posisikan cermin di seberang jendela yang terang untuk memantulkan cahaya kembali ke dalam ruangan sehingga tampak terang dan lapang. Cara lain adalah mengelompokkan sekelompok cermin berbingkai. 

Baca juga: 6 Trik Menyimpan Barang di Ruang Kecil 

Furnitur kecil

Ilustrasi furnitur kayu.UNSPLASH/NATHAN OAKLEY Ilustrasi furnitur kayu.
Salah satu kesalahan paling umum dalam mendekorasi ruang kecil adalah mengisi ruangan dengan furnitur yang terlalu besar. 

Sebagai gantinya, pilih furnitur berukuran kecil yang dapat melayani berbagai tujuan. Sebelum melakukan pembelian apa pun, sebaiknya ukur furnitur dan ruangan untuk melihat berapa banyak ruang yang benar-benar akan ditempati furnitur. 

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Mengatur Tempat Penyimpanan di Ruang Kecil

Gunakan gorden panjang dan lampu gantung

Ruang dengan plafon atau langit-langit rendah membuat ruangan terasa nyaman, tapi dapat semakin membuat ruangan kecil.

Lawan efek itu dengan memanfaatkan ruang vertikal sebaik mungkin. Hiasi dengan aksen seperti gorden panjang dan lampu gantung—apa saja untuk menarik perhatian ke atas atau plafon.  

Menyalakan lampu 

Menggunakan warna gelap di ruangan kecil dapat membuat ruangan makin sempit. Sebagai solusi, pilih warna netral, baik untuk warna cat terang maupun furnitur.

Ingat, netral tidak harus membosankan—mainkan dengan tekstur dan warna aksen yang berbeda. 

Baca juga: Trik Mendekorasi Ruang Kecil agar Tampak Besar dan Luas 

Letakkan karpet

Ilustrasi karpet sebagai elemen dekorasi ruangan. UNSPLASH/SVEN BRANDSMA Ilustrasi karpet sebagai elemen dekorasi ruangan.
Jangan pernah meremehkan kekuatan ilusi optik. Karpet lantai yang ditempatkan dengan baik dapat menciptakan efek ruangan dalam ruangan.

Jika memungkinkan letakkan karpet seperti di bawah meja ruang makan untuk menonjolkan yang berbatasan dengan penutup lantai. Hal ini dapat membuat ruangan tampak lebih luas. 

Baca juga: 6 Tanaman yang Cocok untuk Ruang Kecil dan Apartemen

Jangan gunakan aksesori berlebihan

Aksesori dengan cepat memenuhi ruangan. Untuk itu, segera bersihkan kekacauan dan pilih hanya beberapa potongan pernyataan untuk menambah minat dan menarik perhatian.

Selain itu, tukar tirai besar untuk perawatan jendela yang lebih ramping. Hanya beberapa inci dihitung untuk mengeksekusi ilusi dan mengekspos lebih banyak dinding dapat membantu Anda mencapai hasil yang diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com