Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Klasik Membuat Ruang Kecil Tampak Besar dan Luas

Namun, menggunakan beberapa trik sederhana dapat membantu membuat ruang kecil tampak besar serta membuat Anda merasa leluasa di dalamnya.

Lebih dari dimensi ruang, hal yang benar-benar penting adalah bagaimana memanfaatkan setiap ruang yang tersedia.

Melansir dari Bobvila, Senin (15/11/2021), berikut cara klasik membuat ruang kecil tampak besar dan luas. 

Letakkan cermin 

Cermin tidak hanya digunakan untuk memerikan penampilan. Menggantung sebuah cermin dapat membuat ruang kecil terasa jauh lebih besar.

Untuk efek maksimal, posisikan cermin di seberang jendela yang terang untuk memantulkan cahaya kembali ke dalam ruangan sehingga tampak terang dan lapang. Cara lain adalah mengelompokkan sekelompok cermin berbingkai. 

Sebagai gantinya, pilih furnitur berukuran kecil yang dapat melayani berbagai tujuan. Sebelum melakukan pembelian apa pun, sebaiknya ukur furnitur dan ruangan untuk melihat berapa banyak ruang yang benar-benar akan ditempati furnitur. 

Gunakan gorden panjang dan lampu gantung

Ruang dengan plafon atau langit-langit rendah membuat ruangan terasa nyaman, tapi dapat semakin membuat ruangan kecil.

Lawan efek itu dengan memanfaatkan ruang vertikal sebaik mungkin. Hiasi dengan aksen seperti gorden panjang dan lampu gantung—apa saja untuk menarik perhatian ke atas atau plafon.  

Menyalakan lampu 

Menggunakan warna gelap di ruangan kecil dapat membuat ruangan makin sempit. Sebagai solusi, pilih warna netral, baik untuk warna cat terang maupun furnitur.

Ingat, netral tidak harus membosankan—mainkan dengan tekstur dan warna aksen yang berbeda. 

Jika memungkinkan letakkan karpet seperti di bawah meja ruang makan untuk menonjolkan yang berbatasan dengan penutup lantai. Hal ini dapat membuat ruangan tampak lebih luas. 

Jangan gunakan aksesori berlebihan

Aksesori dengan cepat memenuhi ruangan. Untuk itu, segera bersihkan kekacauan dan pilih hanya beberapa potongan pernyataan untuk menambah minat dan menarik perhatian.

Selain itu, tukar tirai besar untuk perawatan jendela yang lebih ramping. Hanya beberapa inci dihitung untuk mengeksekusi ilusi dan mengekspos lebih banyak dinding dapat membantu Anda mencapai hasil yang diinginkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/15/170700776/6-cara-klasik-membuat-ruang-kecil-tampak-besar-dan-luas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke