Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Sederhana Mengatur Tempat Penyimpanan di Ruang Kecil

Kompas.com - 24/09/2021, 16:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang penyimpanan yang minim dan mengatur barang-barang dengan tertata sering kali menjadi salah satu kesulitan yang ditemui saat tinggal di rumah atau ruang kecil. 

Hal ini tak lain lantaran keterbatasan ruang yang dimiliki. Meski demikian, bukan berarti ruang kecil tidak bisa ditata rapi dan teratur serta memiliki banyak tempat penyimpanan

Baca juga: Trik Mendekorasi Ruang Kecil agar Tampak Besar dan Luas

Mengatur ruang kecil agar memiliki banyak ruang penyimpanan sebetulnya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Ruang kecil dapat diisi furnitur atau tempat penyimpanan tanpa memakan ruang dan membuat ruangan penuh. 

Melansir dari laman Real Estate, Jumat (24/9/2021), berikut lima langkah sederhana mengatur tempat penyimpanan di ruang kecil.  

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Ruang Kecil agar Tampak Besar 

Gunakan furnitur multifungsi

Langkah pertama mengatur tempat penyimpanan di ruang kecil agar tertata dan tidak membuat penuh adalah mempertimbangkanmengganti furnitur lama dengan furnitur multifungsi serta memberi ruang penyimpanan yang sangat dibutuhkan.

Misalnya, kursi ottoman dengan ruang penyimpanan tersembunyi di dalamnya dan meja makan yang dapat dilipat dengan mudah untuk menyingkir atau berfungsi ganda sebagai meja rumah.

Selain itu, memilih meja samping tempat tidur yang memiliki banyak ruangan penyimpanan. 

Baca juga: 6 Tanaman yang Cocok untuk Ruang Kecil dan Apartemen

Maksimalkan ruang yang dimiliki

Meski ruang kecil, bukan berarti tidak ada ruang yang tersisa atau tidak terpakai. Cobalah menemukan ruang yang tidak terpakai atau kurang dimanfaatkan di rumah.

Inilah saatnya melihat ruang kecil dengan cara baru dan penuh pertimbangan. Cari ruang penyimpanan yang mungkin belum pernah Anda lihat atau pertimbangkan sebelumnya. 

Bila menemukannya, atur ruang dan masukkan furnitur ke dalamnya serapi dan teratur. 

Baca juga: 5 Tips Memilih dan Menata Furnitur di Ruang Kecil

Memanfaatkan ruang vertikal 

Memanfaatkan ruang vertikal di rumah sering kali memberikan solusi yang bisa diterapkan dan bergaya untuk masalah penyimpanan.

Pertama, periksa dinding rumah Anda. Ruang di dinding ini dapat dimanfaatkan untuk memasang rak dinding, menggantung kursi lipat, dan mamasang pengait untuk menggantung barang-barang. 

Baca juga: 5 Keuntungan Tinggal di Ruang Kecil

Memanfaatkan ruang di belakang pintu

Selanjutnya, mengatur tempat penyimpanan di ruang kecil adalah memanfaatkan ruang di balik pintu, baik pintu rumah, kamar tidur, atau kamar mandi. Area di belakang pintu ini bisa digunakan sebagai laci atau tempat penyimpanan. 

Area ini sangat bagus untuk menyimpan kaus kaki, pakaian dalam, dan pakaian olahraga di kamar tidur. Sedangkan pintu kamar mandi bisa digunakan untuk meletakkan perlengkapan mandi dan produk perawatan tubuh.  

Baca juga: 6 Ide Membuat Ruang Kecil Tampak Lebih Luas

Memanfaatkan ruang di bawah tempat tidur 

Selain area di belakang pintu, ruang di bawah tempat tidur juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan di ruang kecil. 

Area di bawah tempat tidur adalah tempat yang bagus untuk menyimpan pakaian atau barang yang tidak digunakan. Cobalah meletakkan laci kecil dan sedang ke kolong tempat tidur, lalu masukkan pakaian serta barang-barang Anda. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com