Kompas.com - 26/07/2021, 13:25 WIB
Ilustrasi ruang tamu kecil, ruang tamu sempit. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi ruang tamu kecil, ruang tamu sempit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah kecil memiliki keistimewaan dan kekurangannya masing-masing, dari ruang tamu dan ruang keluarga yang kecil, kamar tidur kecil, dapur sempit, hingga kamar mandi kecil.

Meski demikian, setiap ruang kecil itu mampu memberikan kenyamanan, kehangatan, dan ketenangan yang tak kalah dari rumah atau ruangan berukuran besar. 

Baca juga: 6 Kesalahan Terbesar Saat Mendekorasi Ruang Kecil

Kesulitannya hanya pada keterbatasan lahan. Karena itu, perlu pandai-pandai menata barang agar ruangan tampak menarik serta tidak semakin kecil.

Untuk menjaga rumah kecil tetap teratur dan tampak luas, Anda harus berkreasi dengan penyimpanan dan furnitur, baik menggunakan trik membuat ruangan terasa lebih besar maupun solusi penyimpanan sederhana yang dapat menghemat ruang di lantai.

Melansir dari laman My Domaine, Senin (26/7/2021), berikut ini enam ide membuat setiap ruang kecil di rumah tampak lebih luas. 

Baca juga: Cara Membuat Ruang Kecil di Pintu Masuk Rumah Jadi Tampak Lebih Besar 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menggunakan wallpaper

Tak selalu menggunakan warna cat untuk membuat ruang kecil tampak luas. Wallpaper juga mampu memberikan efek luas pada ruangan, bahkan ruangan tampak lebih estetik. Jangan lupa menambahkan cermin di ruangan untuk hasil lebih maksimal. 

Pilih warna netral

Menggunakan palet warna netral dapat menciptakan efek menenangkan serta memperbesar ruangan. Untuk itu, sebaiknya, memilih palet warna netral pada ruangan, baik itu warna cat, wallpaper, furnitur, maupun elemen dekorasi lainnya. 

Baca juga: 10 Kesalahan Dekorasi di Ruang Kecil yang Harus Dihindari 

Gantung rak terbuka

Jika mendambakan suasana yang lebih nyaman di dapur yang sempit, ganti lemari dapur dengan rak terbuka. Rak terbuka secara signifikan berukuran tidak besar, tetapi cukup panjang yang dapat memberi efek memanjangkan pada ruang dapur. 

Tinggikan plafon 

Plafon atau langit-langit rumah yang tinggi bisa membuat rumah terlihat tinggi dan luas ke atas. Plafon yang tinggi ini bisa memberi banyak ruang penyimpanan di lantai.

Misalnya, mempertimbangkan untuk meninggikan tempat tidur guna menjadikan kolong di bawahnya menjadi ruang penyimpanan. 

Baca juga: 7 Warna Cat yang Bisa Mengubah Ruang Kecil Tampak Lebih Besar

Pilih furnitur ganda

Lantaran keterbatasan lahan, membuat ruang penyimpanan semakin terbatas. Untuk mengatasinya, sebaiknya menggunakan furnitur dengan fungsi ganda. 

Misalnya, memilih kursi ottoman yang dapat menghemat ruang di lantai dan dapat digunakan sebagai tempat duduk saat ada acara di rumah. Bisa pula memilih langsung furnitur berukuran sedang atau besar. 

Baca juga: Warna Cat Gelap Bisa Diterapkan di Ruang Kecil, Begini Caranya

Hindari memilih furnitur kecil seperti laci kecil karena Anda pasti membutuhkannya tidak hanya satu untuk menyimpan barang. Akhirnya, furnitur kecil ini justru bisa memakan banyak ruang di lantai. 

 



Sumber My Domaine
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.