Kompas.com - 26/07/2021, 12:10 WIB
Ilustrasi debu, membersihkan debu di rumah. SHUTTERSTOCK/VIPADALOVEYOUIlustrasi debu, membersihkan debu di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Debu menjadi salah satu permasalahan di rumah yang seolah tak pernah ada habisnya meski rumah telah rutin dibersihkan.

Debu di rumah tak lain berasal dari kotoran, di antaranya sel kulit mati, rambut, serat kain, abu kendaraan, sisa-sisa makanan, serta polusi udara

Baca juga: Sarang Debu, 5 Area Ini Malah Sering Dilupakan saat Membersihkan Rumah

Selain membuat rumah kotor, adanya debu di dalam rumah juga membuat kualitas udara di menjadi buruk, yang akhirnya mempengaruhi kondisi kesehatan, terutama bagi anak-anak dan mereka yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma dan alergi.

Biasanya, debu cenderung menumpuk pada benda-benda dan area yang rentan terkena, di antaranya lantai rumah, jendela, tirai, serta furnitur. Lantas, bagaimana menghilangkan debu di rumah?

Baca juga: 8 Cara Mudah Membersihkan Debu di Rumah, Tertarik Coba? 

Melansir dari laman Taste of Home, Senin, (26/7/2021), berikut ini cara efektif menghilangkan debu di rumah yang bisa Anda lakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jaga jendela tetap tertutup

Kita semua tentu suka menikmati angin sepoi-sepoi yang masuk ke rumah melalui jendela. Sayangnya, debu dan serbuk sari bisa ikut masuk ke rumah bersamaan dengan angin.

Untuk itu, sebaiknya menutup jendela demi mencegah banyak debu yang masuk ke rumah. 

Baca juga: Apa Itu Debu? Pemicu dan Cara Menghilangkannya

Cuci bantal secara teratur

Bantal tidur menjadi salah satu tempat favorit tungau debu. Tungau debu suka berpesta dengan sel-sel kulit mati. Hewan ini sangat kecil sehingga tidak terlihat, tetapi ratusan tungau dapat hidup hanya dalam satu gram debu.

Untuk menyingkirkan debu dan tungau debu, segera mencuci bantalsetidaknya tiga kali setahun dengan air panas. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Rumah Bebas Debu 

Sering mengepel lantai keras 

Lantai rentan terkena debu, tetapi yang paling rentan dan sulit dijangkau adalah lantai di bawah furnitur. Jika memungkinkan, pel lantai setiap hari, termasuk lantai di bawah furnitur.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.